Harga Daging Babi di Bali Melonjak Jelang Galungan
Umat Hindu berkeliling wilayah desa dalam Tradisi Ngerebeg saat Hari Raya Galungan di Desa Adat Penglipuran, Bangli, Bali. Antara/Fikri Yusuf
Denpasar: Harga daging babi melonjak menjelang Hari Raya Galungan di Pulau Bali, khususnya di Kabupaten Badung. Harga daging babi yang semula Rp32.000 ribu per kilogram di tingkat peternak menjadi Rp55.000-60.000 per kilogram di pasaran.

"Terjadi lonjakan harga menjelang Galungan di pasaran. Setelah itu kembali stabil setelah hari raya," kata Pelaksana Tugas Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung Putu Oka Swandiana di Denpasar, Kamis, 17 Mei 2018.

Kenaikan harga daging babi ini akan terus dipantau pemerintah daerah. Langkah-langkah untuk menekan harga daging babi akan diambil Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), seperti menggelar operasi pasar.


"Kami juga menyiapkan petugas penyuluh lapangan untuk melakukan pembinaan kepada peternak hewan yang telah rutin dilakukan sebelum hari raya," katanya.

Untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat saat membeli daging di pasaran, pemerintah daerah bersama 62 orang dokter hewan dan 110 orang mahasiswa dari Kedokteran Hewan Unud, Denpasar, berencana melakukan pemeriksaan kesehatan daging babi secara berkala.

"Pada 27-28 Mei 2018, kami akan melakukan pemeriksaan ante mortem dan post mortem hewan di sejumlah peternak sebelum dipasarkan kepada masyarakat," kata pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Badung tersebut.



(SUR)