Erupsi Gunung Agung, Bandara Komodo Ditutup

John Lewar 29 Juni 2018 11:13 WIB
erupsi gunung agung
Erupsi Gunung Agung, Bandara Komodo Ditutup
Bandara Komodo, Labua Bajo. (MI/john lewar)
Manggarai Barat: Dampak erupsi Gunung agung di Pulau Bali, akses penerbangan dari dan ke Bandara Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) ditutup sementara. 

"Berdasarkan imbauan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) dan demi keselamatan penerbangan, untuk sementara waktu aktivitas penerbangan tujuan Labuan Bajo-Denpasar di nyatakan tutup sementara," kata Kepala Bandara Komodo Jarot Subianto, Jumat 29 Juni 2018. 

Jarot mengungkap, penuntupan bandara dilakukan sejak pukul 03.00 WITA hingga batas waktu yang belum ditentukan. Dia menuturkan, sejumlah akses penerbangan di Pulau Flores masih bergatung dengan Pulau Dewata. 


"Penerbangan tujuan Flores semua tergantung Bali. Jika Bali membuka akses penerbangan maka kota lainnya di Flores untuk tujuan Bali dan dari Bali kembali dioperasikan," ujarnya. 

Baca: Bandara Lombok Tetap Beroperasi Usai Erupsi Gunung Agung

Jarot mengimbau semua penumpang bersabar, karena meletusnya Gunung Agung adalah kehendak alam. 

Pantauan Media Indobesia, suasana di sejumlah loket penerbangan dikerumuni ratusan calon penumpang tujuan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali. 

Salah seorang calon penumpang pesawat, Wilson Jarkei warga negara Belanda mengaku kaget karena baru mendapat kabar jika seluruh maskapai membatalkan penerbangan akibat erupsi Gunung Agung. 

"Saya dapat informasi batal berangkat karena gunung di Bali meletus. Semoga cepat berakhir," harap Wilson.

Baca: 3 Bandara Ditutup Akibat Abu Vulkanik Gunung Agung



(LDS)