Pengungsi di Lereng Gunung Agung Berangsur Pulang
Pemukiman dan perkebunan yang terpapar abu vulkanis Gunung Agung di Desa Pemuteran, Karangasem, Jumat, 29 Juni 2018, Ant - Nyoman Budhiana
Karangasem: Aktivitas vulkanik Gunung Agung turun pada Sabtu, 30 Juni 2018. Hingga pukul 12.00 Wita, aktivitas vulkanik menunjukkan gunung berstatus level III atau siaga. Sebagian besar pengungsi pun kembali ke rumah masing-masing.

Kepala PVMBG Rasbani mengatakan laporan terakhir menunjukkan kegempaan vulkanik dangkal terjadi satu kali dengan amplitudo 7 mm dengan durasi 26 detik. Sedangkan gempa embusan terjadi tiga kali dengan amplitudo 3-5 mm dengan durasi 34 hingga 57 detik.

Dari visual teramati asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dengan ketinggian 300 meter di atas puncak kawah.


Kondisi cuaca di sekitar Gunung Agung menunjukkan angin bertiup lemah ke arah barat, suhu udara 19 hingga 27 derajat celcius dengan kelembaban udara 71 hingga 93 persen.

Sementara pengungsi yang sehari sebelumnya mencapai 799 orang yang tertampung di sejumlah posko kini sebagian besar sudah balik ke rumah asalnya masing-masing. Seperti di sejumlah pos penampungan pengungsi banyak yang kosong ditinggalkan penghuninya. Misalnya di Dusun Babakan Desa Peringsari, Banjar Dinas Becinggah, Banjar Pesangkan Desa Duda Timur, dan Banjar Kertiyasa Kecamatan Selat.

"Tapi kalau malamnya terjadi gemuruh lagi, mereka kembali lagi ke pengungsian," ujar Kepala BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa. 
 



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id