Direktur Advokat YLBHI Muhammad Isnur. Foto: Medcom.id/ Theofilus.
Direktur Advokat YLBHI Muhammad Isnur. Foto: Medcom.id/ Theofilus. (Theofilus Ifan Sucipto)

Polri Diminta Terbuka pada Masukan Eksternal

kepolisian
Theofilus Ifan Sucipto • 02 Juli 2019 01:08
Jakarta: Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) diminta aktif bekerjasama dengan organisasi eksternal. Hal itu untuk meningkatkan kinerja Polri bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Bhayangkara kepolisian hari ini.
 
Direktur Advokat Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Muhammad Isnur menjelaskan organisasi eksternal tersebut misalnya YLBHI, Ombudsman, dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnasham). Organisasi tersebut, kata dia, memiliki data dan catatan terkait keluhan dan evaluasi dari masyarakat soal kepolisian.
 
"Undanglah (organisasi eksternal) secara kontinu," kata Isnur di Gedung YLBHI, Jakarta Pusat, Senin 1 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan temuan dari organisasi tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan Polri dalam melakukan tugasnya. Apalagi, ujar Isnur, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengusung program Profesional-Modern-Terpercaya (Promoter).
 
"Temuan-temuan itu penting dipertimbangkan Pak Tito untuk fokus ke depan," imbuhnya.
 
Isnur menyebut kinerja Polri belum sepenuhnya baik. Polri, jelas dia, perlu mengakui ada kekurangan dalam kinerjanya dan terbuka menerima masukan dari organisasi eksternal.
 
Kepolisian merayakan HUT ke-73 Bhayangkara hari ini, Senin 1 Juli 2019. Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto kepolisian akan lebih mapan dalam melayani masyarakat. Sebab, kodrat kepolisian adalah untuk memelihara dan menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). 
 
"Maka nilai-nilai luhur itu yang tentu harus tetap kita jaga berkaitan dengan hari jadinya yang ke-73 ini," kata Ari Dono di Ruang Rupatama Markas Besar (Mabes) Polri, Jakarta Selatan, Senin, 1 Juli 2019. 
 
Ari Dono menyebut perlu doa dan rasa syukur terhadap prestasi maupun koreksi dari masyarakat. Hal tersebut perlu direnungkan bersama untuk meningkatkan pelayanan di masyarakat.
 
Dia juga berharap kepolisian akan lebih kuat dan solid secara internal maupun kerja sama dengan TNI. Dia ingin Polri bisa mengawal pembangunan Indonesia yang tenteram, adil, dan sejahtera.
 

(EKO)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif