Wali Kota Tangerang Arief E Wismansyah merilis Tangerang Bersedekah Online, Jumat 11 Januari 2019, Medcom.id - Hendrik
Wali Kota Tangerang Arief E Wismansyah merilis Tangerang Bersedekah Online, Jumat 11 Januari 2019, Medcom.id - Hendrik (Hendrik Simorangkir)

Pemkot Gandeng Financial Technology untuk Bersedekah

keuangan
Hendrik Simorangkir • 11 Januari 2019 19:38
Tangerang: Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Banten, menggandeng inovasi jasa keuangan atau financial technology (FinTech) untuk mengakomodasi sedekah dari warga. Inovasi itu dikemas dengan teknologi digital.
 
Wali Kota Tangerang Arief E Wismansyah merilis Tangerang Bersedekah Online, nama inovasi, itu pada Jumat, 11 Januari 2019. Menurut Arief, inovasi itu menjadi kado dari pemerintah kota untuk menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-26 Kota Tangerang yang bertepatan pada 28 Februari 2019.
 
"Kalau dulu mau sedekah bingung karena enggak bawa uang kas, sekarang tinggal transfer lewat aplikasi aja," ujar Arief di Masjid Raya Al A'zhom, Kota Tangerang, Jumat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arief menjelaskan, dengan adanya aplikasi sedekah bisa mendorong peningkatan potensi infak, sedekah dan zakat dari masyarakat Kota Tangerang, salah satu cara yang ditempuh adalah penggunaan fasilitas digital.
 
"Ini merupakan hasil kerjasama dengan Paytren, dan Al A'zhom sebagai pilot projectnya. Nantinya masyarakat yang sedekah bisa ikut pantau dana yang diterima oleh masjid atau musala melalui aplikasi Paytren," katanya.
 
Arief menambahkan, Pemkot dan Baznas Kota Tangerang menargetkan bisa membentuk sebanyak 1.900 Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masjid dan musala di Kota Tangerang di tahun 2019. Harapannya UPZ dapat membantu pengelolaan dana umat.
 
"Biasanya kan masjid dan musala ada uang kas, tapi biasanya uang kas masjid yang dari infaq, sedekah dan zakat biasanya digunakan untuk kebutuhan masjid. Seharusnya bisa dipergunakan juga untuk membantu umat yang ada di sekitar masjid dan mushola. Kalau yang tidak mampu ya dibantu, yang tidak sekolah disekolahkan," jelas Arief.
 
Sementara itu, pemilik Paytren dan juga ulama kondang tanah air Ustadz Yusuf Mansyur menuturkan, dengan memanfaatkan aplikasi Paytren memungkinkan setiap masyarakat untuk bersedekah berapapun nilainya, kapanpun dan dimanapun berada.
 
"Kemudahan sekarang sudah di genggaman, bahkan dengan 1 rupiahpun tetap bisa bersedekah, karena fasilitasnya sudah ada," kata Ustadz Yusuf.
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi