Kepala KPw BI Cirebon dan Sekda Kota Cirebon, saat melakukan sidak harga pasar di Pasar Kanoman. Medcom.id/Ahmad Rofahan
Kepala KPw BI Cirebon dan Sekda Kota Cirebon, saat melakukan sidak harga pasar di Pasar Kanoman. Medcom.id/Ahmad Rofahan (Ahmad Rofahan)

Harga Bahan Pokok di Cirebon Turun

pangan
Ahmad Rofahan • 02 Mei 2019 15:21
Cirebon: Harga sejumlah bahan pokok di Kota Cirebon turun jelang Ramadan tahun ini. Komoditas yang turun harga seperti seperti cabe merah, cabe rawit, beras premium dan medium, bawang merah serta bawang putih.
 
Maria, salah satu pedagang Pasar Kanoman Cirebon, penurunan harga berkisar antara Rp750 hingga Rp 15.000. Walaupun beberapa bahan pokok mengalami penurunan, harga sejumlah bahan pokok lainnya naik.
 
Maria mencontohkan bahan pokok yang mengalami kenaikan harga ialah seperti cabe keriting, cabe rawit ijo, daging ayam ras, dan minyak curah. Kenaikan harga berkisar antara Rp1.000 hingga Rp7.500.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kenaikan paling tinggi dialami bawang putih. Pada saat Pemilu hanya Rp 30 ribu per kilogramnya. Sekarang mencapai Rp60 ribu per kilogramnya," kata Maria saat dikunjungi oleh Tim Sidak Kota Cirebon, Kamis 2 Mei 2019.
 
Sekretaris Daerah Kota Cirebon Asep Dedi menyebut kenaikan harga bahan-bahan pokok tersebut masih dalam tahap wajar. Semua stok komoditas pokok, seperti beras, masih cukup dan aman.
 
"Harganya masih cukup stabil dan dalam batas wajar," jelasnya saat ditemui awak media usai sidak di Pasar Kanoman Kota Cirebon.
 
Dedi berharap stabilitas harga bahan pokok ini terus berlangsung hingga Lebaran selesai. Tim pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon dan Bank Indonesia akan tetap menjaga kestabilan harga dan inflasi di Kota Cirebon.
 
TPID Kota Cirebon dan Bank Indonesia akan pasar murah di dekat pasar jika kenaikan harga bahan pokok ini sudah tidak rasional. "Bukan melawan, tapi kita berupaya untuk menjaga kestabilan harga pasar," pungkas Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon M. Abdul Majid Ikram.
 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif