Tarif Tol Kanci Diturunkan untuk Stimulus Ekspedisi

Ahmad Rofahan 24 Oktober 2018 13:06 WIB
tarif tol
Tarif Tol Kanci Diturunkan untuk Stimulus Ekspedisi
Mobil angkutan melintas di Tol Kanci-Pejagan, Jawa Barat. Medcom.id/Ahmad Rofahan
Cirebon: Tarif tol Kanci-Pejagan disesuaikan per 23 Oktober 2018. Tarif sejumlah kelas mengalami penaikan dan penurunan.

"Lebih banyak yang turun, dibandingkan yang naik," kata Kepala Seksi Pengumpulan Tol Kanci Pejagan Uum Jumadi di Cirebon, Jawa Barat, Rabu, 24 Oktober 2018.

Golongan kendaraan 3, 4, dan 5 mengalami penurunan tarif. Selain itu, golongan kendaraan di ruas tol Kanci-Pejagan lebih disederhanakan menjadi tiga golongan.


"Nanti tarif golongan 2 dan 3 sama, juga tarif golongan 4 dan 5 juga sama," kata Uum.

Salah satu tujuan penyesuaian tarif ini untuk menarik perusahaan ekspedisi yang akan melintas wilayah Kanci-Pejagan. Perusahaan ekspedisi memiliki alternatif lain selain masuk melalui jalur tol yang ada.

Apalagi posisi tol Kanci-Pejagan berada di luar kota. Sedangkan hampir bisa dipastikan kendaraan ekspedisi menggunakan jalur tol dalam kota.

"Kalau di luar kota, bisa saja mereka memilih jalur arteri, karena tarif tolnya mahal," kata Uum.

Penyesuaian tarif ini salah satu peran pemerintah dalam mengakomodasi usulan pemilik ekspedisi. Mereka merasa tarif tol saat ini mahal.

Walau demikian, operator tol khawatir biaya perawatan menjadi lebih besar. Jumlah kendaraan ekspedisi diperkirakan akan meningkat pasca-penyesuaian tarif.

"Nanti kendaraan-kendaraan besar akan lebih banyak masuk tol. Tentunya biaya pemeliharaan juga akan tinggi," kata Uum.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id