Satgas Pangan Kabupaten Cirebon saat sidak ke pasar. Medcom.id/Ahmad Rofahan
Satgas Pangan Kabupaten Cirebon saat sidak ke pasar. Medcom.id/Ahmad Rofahan (Ahmad Rofahan)

Harga Bawang Putih di Cirebon Meroket 2,5 Kali Lipat

harga bawang
Ahmad Rofahan • 03 Mei 2019 10:54
Cirebon: Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kabupaten Cirebon menemukan harga bawang putih meroket hingga 2,5 kali lipat dari harga normal. Harga bawang putih yang sebelumnya sekitar Rp 25 ribu di pasar tradisional di Kabupaten Cirebon mencapai Rp 60ribu per kilogram.
 
"Bahan pokok yang mengalami kenaikan harga yaitu bawang putih, harganya Rp 50.000 sampai Rp 60.000," ungkap Ketua Tim Satgas Pangan, Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto, Jumat, 3 Mei 2019.
 
Saat melakukan sidak pasar tradisional di Kabupaten Cirebon, bawang putih menjadi satu-satunya komoditas tim satgas yang mengalami kenaikan harga. Komoditas bahan pokok lain tidak naik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari hasil pengecekan, sebagian besar bahan pangan tidak mengalami kenaikan," kata dia.
 
Satgas Pangan Cirebon akan berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Satgas Pangan Provinsi Jawa Barat. Terutama untuk menstabilkan kembali harga bawang putih.
 
"Kita akan upayakan untuk menstabilkan harga bawang putih," katanya.
 
Tim Satgas Pangan menyimpulkan bahwa harga bahan pokok seperti beras, telur, daging sapi dan daging ayam, sayur dan cabai dan minyak, semuanya masih terpantau stabil.
 
Ia mengimbau masyarakat Kabupaten Cirebon tidak khawatir kenaikan harga selama Ramadan. Ia memastikan ketersediaan dan harga kebutuhan pokok di Kabupaten Cirebon stabil dan kondusif.
 
Kepala Dinas Perdagangan dan Industri Kabupaten Cirebon Deni Agustin menambahkan, pihaknya akan terus memantau perkembangan harga bahan kebutuhan pokok. Operasi pasar siap digelar jika nantinya ditemukan kenaikan harga.
 
"Tentu kita tidak akan diam dan bekerja sama dengan Satgas Pangan, Bulog kita akan turun menggelar operasi pasar," ujarnya.
 
Dinas Perdagangan dan Industri Kabupaten Cirebon juga telah menjadwalkan operasi pasar bersubsidi bagi 11.000 rumah tangga miskin yang digelar di Ramadan nanti.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif