Kasubsi Penyuluhan dan Layanan Informasi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Cirebon, Novembriyanto Nugroho. Medcom.id/Ahmad Rofahan
Kasubsi Penyuluhan dan Layanan Informasi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Cirebon, Novembriyanto Nugroho. Medcom.id/Ahmad Rofahan (Ahmad Rofahan)

Bea Cukai Akan Bangun Pusat Logistik Berikat Cirebon

ekspor bea cukai
Ahmad Rofahan • 12 Februari 2019 18:32
Cirebon: Bea cukai mewacanakan pembagnunan Pusat Logistik Berikat (PLB) di wilayah Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. PLB Cirebon ini diharapkan mempermudah pengusaha di wilayah Cirebon dan sekitarnya mengekspor komoditas.
 
Menurut Kasubsi Penyuluhan dan Layanan Informasi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Cirebon, Novembriyanto Nugroho, PLB di wilayah Cirebon bisa mempercepat logistik perjalanan barang. Selain itu PLB mampu menekan biaya.
 
"Lokasi PLB ini bisa diakses oleh kendaraan besar, dan juga dekat dengan pintu masuk tol," jelasnya saat ditemui awak media di Kantor Bea dan Cukai Cirebon, Jalan Wahidin Sudirohusodo, Kota Cirebon, Selasa, 12 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Eksportir selama ini menggunakan PLB yang berada di luar wilayah Cirebon, seperti Cikarang, Bekasi, Jakarta, Cakung, Bandung, Semarang, dan daerah lainnya. Keberadaan PLB ini diyakininya amat ditunggu pengusaha ekspor komoditas.
 
"Kita menunggu realisasi dari para investor, bisa tahun ini atau tahun depan," jelasnya.
 
Upaya ini merupakan salah satu program Bea Cukai dalam memberlakukan secara penuh penggunaan sistem aplikasi Pemasukan dan Pengeluaran barang ke dan dari Pusat Logistik Berikat dalam rangka Ekspor dan/atau Transhipment (P3BET) pada 1 Januari 2019. Program tersebut menjadi menjadi salah satu misi Bea cukai.
 
PLB di wilayah Cirebon ini diharapkan juga bisa mengaktifkan kembali bongkar muat di kawasan Pelabuhan Cirebon. Selain itu, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati juga bisa memberikan pelayanan kargo.
 
Meskipun banyak manfaat yang didapat dari PLB ini, namun masih banyak juga perusahaan yang belum memanfaatkan PLB. Karena hal tersebut menjadi pertimbangan masing-masing perusahaan.
 
"Bisa saja mereka memperhitungkan harga dan lainnya," pungkasnya.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi