SIstem e-Tilang Dinilai Efektif Tingkatkan Ketertiban Pengendara
Ruang kontrol Area Traffic Control System (ATCS) Dishun Kota Bandung, Medcom.id - Roni Kurniawan
Bandung: Dinas Perhubungan Bandung, Jawa Barat, memasang 180 kamera CCTV di beberapa titik. Polrestabes Bandung mengklaim pemantauan dengan menggunakan kamera tersebut dapat meningkatkan ketertiban pengguna jalan.

Sejak Januari 2018, kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung AKBP Agung Reza Pratidina, sistem tersebut merekam 400 pelanggar. Namun, hanya 80 ribu pelanggar yang ditindak karena melakukan pelanggaran berat. 

Agung mengklaim cara tersebut efektif mengurangi jumlah pelanggar. Di periode yang sama pada 2017, yaitu Januari-Oktober, jumlah pelanggar yang dikenakan tilang di Bandung sebanyak 150.975 pengendara.


Ratusan kamera CCTV terkoneksi dengan ruang kontrol yang berlokasi di Markas Polrestabes Bandung dan Pusat Pengendali Lalu Lintas Dishub Kota Bandung. Melalui kamera itu, enam petugas memantau kondisi jalan.

Bila ada pengendara yang melanggar, petugas akan menggunakan alat pengeras suara untuk menegur. Kamera juga akan merekam nomor pelat kendaraan bila pengendara melakukan pelanggaran berat. 

"Secara umum yang paling banyak dari CCTV tilang, itu melanggar marka jalan khususnya di lampu-lampu merah," ujar Reza, Jumat, 12 Oktober 2018.

Melalui rekaman itu, petugas akan melacak identitas pengendara. Petugas lalu mengirimkan surat bukti pelanggaran (tilang) ke rumah pengendara. 

Baca: Pelanggar Lalu Lintas Diburu hingga ke Rumah

Pembayaran denda dilakukan dengan sistem daring. Yaitu pelanggar membayar denda langsung ke bank dengan tujuan nomor rekening tertentu.




(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id