Sungai Bekasi 30 Tahun Tak Dinormalisasi
Wali Wali Kota Bekasi Tri Adhianto. Medcom.id/Antonio
Bekasi: Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan Sungai Bekasi sudah tidak pernah dinormalisasi 30 tahun belakangan. Ini yang diduga menjadi salah satu penyebab sejumlah wilayah di Bekasi, Jawa Barat, kerap dilanda banjir.

"Sungai Bekasi yang hampir 30 tahun tidak pernah dilakukan restorasi, baik itu rehabilitasi maupun kemudian normalisasi. Makin lama makin tinggi endapan yang ada," kata dia dalam kegiatan Simulasi Penanganan Bencana Banjir di Bekasi, Kamis, 29 November 2018.

Pemerintah Kota Bekasi meminta Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC) menormalisasi Sungai Bekasi. Hal itu perlu dilakukan untuk mengurangi banjir di wilayah Pondokgede, Jatiasih dan sekitarnya.


Dirinya menyatakan kondisi dinding-dinding atau tanggul di sepanjang Sungai Bekasi mengkhawatirkan. "Kami berharap pemerintah pusat dalam hal ini BBWSCC untuk segera melakukan langkah-langkah penanganannya," tuturnya.

Pemkot Bekasi mencatat 49 titik banjir yang tersebar di wilayah Kota Bekasi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi melakukan simulasi penanganan banjir bersama pihak kepolisian dan TNI.

Masing-masing instansi telah membentuh tim piket agar dapat lebih cepat dalam penanganan banjir.
 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id