Cabai. MI/BENNY BASTIANDY.
Cabai. MI/BENNY BASTIANDY. (Media Indonesia)

H-1 Lebaran Harga Cabai di Cimahi Rp100 Ribu/Kg

harga cabai idul fitri
Media Indonesia • 04 Juni 2019 14:09
Cimahi: Sehari jelang Lebaran 2019, harga komoditas cabai di Pasar Atas Kota Cimahi, Jawa Barat, dijual Rp100 ribu per kilogram. Pedasnya harga cabai, membuat calon pembeli batal membeli. 
 
Nining, 60, salah seorang pedagang mengungkapkan, sejak empat hari terakhir harga cabai mengalami kenaikan signifikan. Paling mencolok cabai tanjung dari Rp 28 ribu menjadi Rp 100 ribu per kilogram.
 
"Kemudian harga cabai keriting dari Rp 24 ribu menjadi Rp 80 ribu. Harga-harga sering naik tiap jelang lebaran, wortel yang normalnya Rp 8.000 kini juga naik menjadi Rp 14 ribu," katanya, Selasa, 4 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nining menuturkan, stok cabai di kiosnya diperoleh dari pedagang besar di Pasar Induk Caringin Bandung. Dia mengungkap, harga cabai di Pasar Caringin sudah naik. Maka otomatis Nining mesti menyesuaikan harga agar tidak merugi.
 
"Dari pasar induk sudah naik. Karena harganya mahal, banyak konsumen yang tidak jadi membeli cabai tanjung," bebernya.
 
Dari 10 kilogram stok cabai yang disediakan, Nining mengaku, cabai yang terjual belum sampai setengah stok yang disediakan. 
 
"Kalau enggak terjual, akhirnya busuk. Kalau sudah busuk ya dibuang saja," lanjutnya.
 
Walaupun mahal, tetap ada masyarakat yang membeli cabai meski jumlah porsi pembeliannya dikurangi.
 
"Sangat memberatkan, apalagi masih ada kebutuhan pokok lain yang belum dibeli. Tapi mau gimana lagi, saya tetap harus membeli cabai meski hanya sedikit," ungkap Ari, seorang konsumen.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif