Gedung Kreatif yang berada di Kota Bandung. Medcom.id/Roni Kurniawan
Gedung Kreatif yang berada di Kota Bandung. Medcom.id/Roni Kurniawan (Roni Kurniawan)

Emil Ingin Setiap Daerah di Jabar Punya Gedung Kreatif

industri kreatif
Roni Kurniawan • 14 Februari 2019 14:48
Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen untuk membangun setiap daerah agar memiliki kesetaraan dalam berbagai bidang. Salah satunya dengan menciptakan industri kreatif yang akan hadir di setiap kabupaten/kota untuk meningkatkan perekonomian Jabar.
 
Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, pusat kreatif atau creative center menjadi salah satu landasan untuk menuju industri kreatif di seluruh daerah di Jabar. Kota Bandung menjadi salah satu contoh yang telah mendirikan gedung kreatif di masa kepemimpinan Emil sebagai Wali Kota Bandung.
 
Gedung Kreatif Bandung diadopsi di beberapa daerah sebagai tempat berkumpulnya orang-orang kreatif untuk menciptakan gagasan atau ide berbagai bidang guna menunjang kemajuan setiap daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita sudah membangun creative center kan? Tahun ini ada lima lokasi. Dan mudah-mudahan setelah itu terbangun, maka akselerasi industrinya meningkat karena pengetahuan didapat di ruangan itu," ujar Emil saat ditemui Medcom.id di Gedung Pakuan Jawa Barat, Jalan Kebon Kawung, Kota Bandung, Kamis 14 Februari 2019.
 
Emil menuturkan, konsep kreatif di masing-masing daerah tidak harus seragam. Pasalnya, konsep indsutri kreatif tergantung usulan serta potensi dari masing-masing daerah yang diajukan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
 
"Kalau indsutri kreatif itu kan multidimensi, dari pendidikannya, kultur daerahnya. Jadi tidak bisa semua diseragamkan," tuturnya.
 
Bahkan Emil pun menggandeng Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk menyukseskan program tersebut. Rencananya, lanjut Emil, akan membuat Bekraf dengan skala regional di setiap daerah di Jabar.
 
"Jadi kita kerja sama dengan Bekraf. Yang terbesar kan kita satu-satunya yang sudah punya Perda Ekonomi Kreatif menjadi akselelator dasar untuk membuat industri kreatif kita lebih maju dan kita akan bikin Bekraf regional," pungkasnya.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif