Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal. (Farhan Dwitama)

Modus Dirut Perumahan Subsidi Bodong untuk Menipu Korban

penipuan kasus penggelapan
Farhan Dwitama • 13 Desember 2018 17:20
Tangerang: Dirut PT Cakrawala Karya Kinakas (CKK) John Sumantri, dihadapan Polisi mengaku sebagai pengembang piawai yang mampu membangun rumah subsidi. Kepada korbannya, John juga mengaku sudah  kerjasama dengan Pemerintah melalui Kementerian PUPera.
 
"Tersangka mengaku sebagai agen property yang valid dan bekerjasama dengan kementerian PUPR untuk menyedikan rumah subsidi," kata Kasat Reskrim Polres Tangsel, AKP Alexander di Mapolres Tangsel, Kamis, 13 Desember 2018.
 
Baca: Polisi Tangkap Dirut Perumahan Subsidi Bodong

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apalagi korban, lanjut Alex ditunjukkan langsung pelaku ke lokasi rumah subsidi yang dijanjikan akan dibangun.
 
"Dengan hal tersebut masyarakat tertarik. Korban diantar langsung ke lokasi, ditawari untuk pemilihan lokasi rumah sesuai keinginan celon pembeli saat itu," ungkap Alex. 
 
Karena lanjut Alex, saat peninjauan lokasi perumahan subsidi oleh tersangka bersama korban pada saat itu, bentuk bangunan fisik rumah sebagian sedang dalam tahap pembangunan. 
 
"Bentuk fisik di sana ada yang sebagian dibangun dan sekarang pembangunanya berhenti," jelas Alex. 
 
Sebelumnya, Dirut PT CKK John Sumantri ditangkap di Manado, Sulawesi Utara, setelah ditetapkan Polisi sebagai DPO kasus penipuan dan penggelepan rumah subsidi bodong.
 
John berhasil meraup uang konsumen hingga miliaran rupiah dari hasil uang setoran korban atas uang tanda jadi dan down payment yang dia himpun sejak 2015 sampai 2017.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi