Warga memberi makan ikan yang telah dibudidayakan di selokan saluran air di Kampung Naringgul, Desa Bendungan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. MI/Bary Fathahilah
Warga memberi makan ikan yang telah dibudidayakan di selokan saluran air di Kampung Naringgul, Desa Bendungan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. MI/Bary Fathahilah (Roni Kurniawan)

Program Patriot Desa Jabar Disambut Antusias

dana desa
Roni Kurniawan • 14 Mei 2019 14:10
Bandung: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat telah membuka pendaftaran bagi warga untuk bergabung dalam program Patriot Desa. Pendaftaran yang dibuka sepanjang 9-27 Mei 2019 menarik antusiasme ribuan warga bumi pasundan.
 
Warga Jabar yang mendaftar mencapai hingga 1.010 orang dan akan disaring menjadi 250 orang untuk diterjunkan ke 100 desa.
 
"Mereka akan diberikan pelatihan dan bimbingan untuk kemudian disaring kembali sebelum ditempatkan di desa-desa," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jabar, Dedi Supandi, Selasa, 13 Mei 2019.
 
Patriot yang terpilih akan ditempatkan di desa yang dekat domisili masing-masing. Diharapkan patriot terpilih lebih memahami berbagai potensi dan cara untuk mengembangkan desa tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada dua kategori yaitu desa sangat tertinggal dan tertinggal yang akan menjadi prioritas pembinaan para patriot ini. Nantinya para patriot ini akan ditempatkan di desa-desa tersebut selama setahun. Itu mayoritas desa seperti di Kabupaten Sukabumi, Cianjur, hingga Majalengka," ungkap Dedi.
 
Sementara itu, Pemprov Jabar menyiapkan dana sebesar Rp9 miliar untuk menyukseskan program Patriot Desa. Dana tersebut untuk berbagai kebutuhan termasuk biaya pelatihan bagi para patriot yang terpilih.
 
"Tapi untuk honor para patriotnya, kita masih menghitung besarannya berapa. Karena kita masih melakukan proses lelang kepada pihak ketiga yang akan mengurusi hal itu," tegas Dedi.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif