Ribuan Buruh Tangerang Bergerak ke Jakarta
Ribuan buruh asal Tangerang mulai memadati pintu masuk tol Bitung menuju Jakarta. (FOTO: Medcom.id/Hendrik Simorangkir)
Tangerang: Ribuan buruh asal Tangerang, Banten, memadati pintu masuk tol Bitung. Mereka bergerak menuju Jakarta untuk memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day pada Selasa, 1 Mei 2018.

Para buruh tersebut konvoi menggunakan bus dan kendaraan pribadi. Mereka juga berorasi di pintu masuk tol Bitung sembari menunggu para buruh lainnya.

Dalam aksi di kawasan tol Bitung tersebut, sempat terjadi negosiasi antara pihak kepolisian serta buruh agar menutup akses Bitung dengan berhenti di pintu masuk.


Tak beberapa lama, akhirnya disepakati secara perlahan buruh mulai bergerak masuk ke gerbang tol Bitung untuk berkumpul dengan ribuan buruh lainnya di Jakarta.


Ribuan buruh asal Tangerang mulai memadati pintu masuk tol Bitung menuju Jakarta. (FOTO: Medcom.id/Hendrik Simorangkir)

Salah seorang koordinator aksi, Romi mengatakan, negosiasi tersebut meminta agar buruh tidak melakukan aksi yang membuat arus lalu lintas terhambat.

"Ya, tadi sempat negosiasi dan kami sepakat untuk tidak berhenti lama di (tol) Bitung, tapi secara perlahan menunggu rekan lainnya untuk bergabung," kata Romi, Selasa, 1 Mei 2018. 

Tercatat sebanyak 50 bus dan 15 kendaraan pribadi menuju Jakarta dengan membawa berbagai spanduk atau atribut yang dibawa untuk memeriahkan aksi.

Terkait pengawalan aksi konvoi, pihak kepolisian melakukan pengamanan melekat dan humanis dengan menyiagakan personel di kawasan pintu tol Bitung.



(RRN)