Kalimalang sebagai Ruang Publik dan Budaya
Sejumlah Mahasiswa sedang Beraktivitas di Bantaran Kalimalang, Kota Bekasi, Jawa Barat. Medcom.id/Antonio
Bekasi: Aliran Kalimalang yang melintas di dekat Kampus Unisma Bekasi, Kota Bekasi, Jawa Barat, banyak dimanfaatkan warga sebagai ruang publik. Salah satunya digunakan untuk aktivitas kesenian dan budaya.

Bantaran Kalimalang dihiasi sejumlah bangunan yang terbuat dari kayu. Tidak hanya ada warung, tempat makan, koperasi, terlihat pula saung milik Sastra Kalimalang.

Sastra Kalimalang merupakan komunitas seni dan budaya yang biasa menggelar kegiatan di sekitar Kalinalang. Mulai dari kegiatan diskusi hingga pagelaran seni yang dikenal dengan nama "Panggung Terapung".


Berbagai komunitas pun biasa hadir di lokasi itu dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan SKM.

Selain itu, di Saung SKM juga ada Sekolah Pinggir Kali yang jadwalnya dilaksanakan setiap Sabtu, Minggu dan Senin. Sekolah ini menyasar anak jalanan dan telah dilengkapi sejumlah buku bacaan.

Baca: Pemkot Bekasi Sambut Gembira Rencana Revitalisasi Kalimalang

Lokasi Kalimalang yang berada di Jalan Chairil Anwar dan Jalan Cut Meutia itu terlihat cukup strategis. Sekitar limat menit dari Pintu Gerbang Tol Bekasi Timur dan 10 menit dari Gerbang Tol Bekasi Barat.

Di lokasi tersebut ada tempat untuk nongkrong yang beralaskan rumput dan ada warung yang selalu didatangi mahasiswa.

Uzzy, salah satu Tim Kreatif SKM, mengharapkan revitalisasi Kalimalang memperhatikan aspek budaya jika benar-benar terlaksana.

"Sehingga bisa menjadi ruang publik yang menjadi ruang budaya," ujarnya.

Uzzy juga berharap warga yang selama ini beraktivitas di sekitar Kalimalang diperhatikan. Dia pun ingin revitalisasi segera disoasialikan.
 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id