Tahun Depan, Setiap RW di Bandung Dapat Rp200 Juta

Roni Kurniawan 14 September 2018 20:11 WIB
anggaran
Tahun Depan, Setiap RW di Bandung Dapat Rp200 Juta
Ilustrasi. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay.
Bandung: Pemerintah Kota Bandung akan memberikan anggaran bagi setiap rukun warga (RW) sebesar Rp200 juta pada tahun 2019. Anggaran tersebut merupakan program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) yang awalnya sebesar Rp100 juta per-RW.

Kenaikan anggaran PIPPK tersebut merupakan janji kampanye dari pasangan terpilih di Pilkada serentak 2018 yakni Wali Kota Bandung Oded M. Danial dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Oded yang kini menjabat sebagai Plt Wali Kota Bandung telah mengumpulkan para camat sebagai stakeholder PIPPK untuk membuat konsep teknis penggunaan anggaran.


"PIPPK ini banyak aspirasi dan harapan masyarakat. Kepada ibu Asisten Pemerintahan dan Kesra, Bagian Pemerintahan serta seluruh camat untuk membangun atau membuat sebuah konsep yang teknis untuk memudahkan para ketua RW. Tahun depan naik jadi Rp200 juta setiap RW pertahun," kata Oded di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jawa Barat, Jumat, 14 September 2018.

Program tersebut telah dilakukan di masa Wali Kota Ridwan Kamil bersama Oded sebagai Wakil Wali Kota. Dana tersebut pun digunakan untuk berbagai kebutuhan di setiap lingkungan RW. Mayoritas digunakan untuk pembangunan serta perbaikan infrastruktur.

"Semuanya untuk kebutuhan di setiap wilayah. Makanya dalam pengajuan harus tahu betul apa saja yang dibutuhkan agar anggarannya terserap semua," jelas Oded.

Oded merencanakan, PIPPK berjalan dengan sistem swakelola. Oded percaya, swakelola mampu memberikan efisiensi waktu maupun lebih produktif dalam pemberdayaan kepada masyarakat. 

"Karena kalau masih dengan pihak ketiga berarti judulnya harus diganti hanya PIP saja. Kan kita punya PIPPK, sehingga aspek dimensi pemberdayaan harus terwujud," pungkas Oded.

Di Bandung terdapat 48.147 RW. Maka jika setiap RW mendapatkan kucuran dana sebesar Rp200 juta pertahun, maka Pemkot Bandung akan menggelontorkan hampir Rp10 miliar pertahun untuk program PIPPK.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id