Transaksi penukaran uang di Bandung, Jawa Barat. Foto: Medcom.id
Transaksi penukaran uang di Bandung, Jawa Barat. Foto: Medcom.id (Roni Kurniawan)

Penukaran Uang di Jabar Sampai 29 Mei

bank indonesia
Roni Kurniawan • 21 Mei 2019 14:08
Bandung: Bank Indonesia mulai mengoperasikan mobil layanan penukaran uang menjelang Lebaran 2019, di Jawa Barat. Sebanyak 13 perbankan digandeng untuk melayani transaksi, mulai hari ini hingga 29 Mei 2019 nanti.
 
Total ada 13 unit mobil penukaran uang hadir di Monumen Perjuangan (Monju), Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, sejak pagi hingga siang hari. Setiap mobil akan melayani penukaran uang mulai pecahan Rp1.000 hingga Rp100 ribu.
 
"Kami menyiapkan Rp30 triliun untuk penukaran uang. Seluruhnya sudah mulai didistribusikan kepada seluruh bank di Jabar," ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Jabar Doni Joewono di Kantor Perwakilan BI Jabar, Jalan Monju, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Selasa 21 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan, BI menyiapkan Rp13,7 triliun bagi masyarakat Bandung dan sekitar. Sedangkan untuk BI Cirebon (Kota-Kabupaten Cirebon, Majalengka, Kuningan, Indramayu) disiapkan Rp7,25 triliun, dan BI Tasikmalaya (Kota-Kabupaten Tasikmalaya, Banjar, Ciamis, Pangandaran) Rp 3,41 triliun.
 
"Total Rp24,36 triliun. Itu di luar Bogor, Depok, dan Bekasi. Jadi, sekitar Rp30 triliun untuk Jabar," sambungnya.
 
Khusus Bandung dan sekitarnya, sebanyak Rp11,4 triliun telah didistribusikan. Pihaknya menargetkan, serapan penukaran mencapai Rp1,5 triliun untuk pecahan besar dan Rp12, 2 triliun pecahan kecil.
 
"Jadi penukaran bisa dilakukan di masing-masing bank, tidak harus ke mobil pelayanan," tuturnya.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif