Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal. (Hendrik Simorangkir)

Pengamen Cilik Ditangkap saat Tenggak Miras Oplosan

pengamen jalanan
Hendrik Simorangkir • 14 Januari 2019 18:31
Tangerang: Petugas Satuan Polisi Pamong Praja menangkap empat remaja yang sedang meminum minuman keras oplosan di kawasan Tanah Gocap, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Minggu, 13 Januari 2019. Satu di antaranya adalah perempuan berinisial TTP dalam keadaan hamil.
 
"Dari tangan mereka kami mengamankan satu botol yang diduga miras oplosan, dan puluhan amplop bertuliskan mohon bantuan yang biasa digunakan anak tersebut untuk mengamen," kata Kepala bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Kota Tangerang, Gufron, Senin, 14 Januari 2019.
 
Gufron menjelaskan, berdasarkan pengakuan salah seorang pengamen berinisial HR, 11, minuman keras jenis oplosan tersebut dibeli dari hasil patungan ngamen bersama tiga temannya. Mereka membeli lima botol minuman dan hanya tersisa satu botol saat ditangkap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari pengakuan HR, dalam satu hari pendapatan mengamen mereka tidak kurang dari Rp50 ribu hingga Rp75 ribu. Uang tersebut biasanya dipakai untuk membeli minuman keras bersama rekan-rekannya tersebut.
 
"Karena anak kecil, mungkin masyarakat juga iba sehingga memberikan recehannya kepada mereka di jalanan," jelas Gufron.
 
Gufron menambahkan, keempat pengamen yang diamankan telah dijemput oleh keluarga setelah sebelumnya diberikan pembinaan dan pendataan.
 
Saat dijemput, ia mengimbau kepada keluarga HR untuk mengawasi pola dan tingkah laku putranya tersebut. Lantaran, remaja seumuran HR seharusnya ada di sekolah bukan di jalanan.
 
"Usia HR sangat muda, kami meminta kepada orang tua dari pengamen ini melakukan pengawasan terhadapnya bukan melepaskannya begitu saja," pungkas Gufron.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif