Deddy Mizwar Setuju Ganjil-Genap di Jabar saat Lebaran
Suasana Gerbang Tol Bekasi Timur 2 saat sistem ganjil-genap diberlakukan, Selasa, 13 Maret 2018, Medcom.id - Antonio
Bekasi: Calon Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mendukung rencana Dinas Perhubungan Jawa Barat untuk menerapkan sistem ganjil genap plat nomor kendaraan pada saat arus mudik Lebaran 2018 ini. Rencana tersebut dilakukan guna mengurai terjadinya kemacetan di beberapa titik ruas tol di Jawa Barat.

Baca: Jabar Wacanakan Ganjil Genap saat Mudik

Menurut cagub yang akrab disapa Demiz ini, penerapan sistem ganjil genap di Jabar pada saat arus mudik lebaran sangat memungkinkan dilakukan di Jabar. Apalagi, jumlah pemudik ke Jabar setiap tahunnya sangat tinggi menjelang hari raya umat muslim tersebut.


"Ini sangat memungkinkan untuk diterapkan. Mengingat di Bekasi ini sampai Tegal Karawang sering terjadi macet terutama menjelang lebaran," kata Demiz di Bekasi, Kamis 19 April 2018.

Namun Demiz menyarankan Dishub Jabar untuk melakukan kajian terlebih dahulu sebelum menerapkan sistem ganjil genap. Terutama mengenai sosialisasi kepada masyarakat agar saat penerapan dilakukan tidak terjadi kebingungan saat melintasi sejumlah ruas tol di Jabar.

"Saya kira ini bukan hal yang sembarangan diterapkan. Saya tahu kadishub ini orangnya cukup cermat mengantisipasi karena hari libur aja macet. Tapi harus dilakukan sosialisasi jauh jauh sebelum diterapkan supaya masyarakat siap," bebernya.

Jika sosialisasi tidak gencar dilakukan, lanjut Demiz, maka diprediksi akan menjadi tambah kacau lalu lintas di Jabar saat arus mudik lebaran. Hal itu pun akan menjadi acuan masyarakat untuk menjadwalkan mudik ke kampung halaman di Jabar.

"Jadi masyarakat bisa direncanakan kapan berangkatnya untuk mudik jangan sampai mereka tidak tahu nah ini akan menjadi masalah," pungkasnya.




(RRN)