Jutaan Batang Rokok Ilegal Dimusnahkan
ilustrasi Medcom.id
Bekasi: Sebanyak 3.025.398 batang rokok ilegal dimusnahkan Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai (KPPBC) Bekasi. Dengan temuan ini negara dirugikan sebesar Rp1,2 miliar.

Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean A Bekasi, Hatta Wardhana menyampaikan, selain jutaan batang rokok pihaknya juga memusnahkan 107.865 gram tembakau iris (TIS), dan 5.820 botol minuman keras ilegal. Adapun total nilai barang diperkirakan mencapai Rp2.227.419.745.

“Barang ilegal ini kami musnahkan lantaran sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi, adanya temuan barang tersebut kerugian negara mencapai Rp1.246.591.990,” ungkap Hatta di Bekasi, Rabu (28/11).


Hatta menjelaskan, Bea Cukai Bekasi melakukan pemusnahan barang-barang hasil penindakan tersebut sebagai bentuk transparansi pelaksanaan tugas Bea Cukai dalam melakukan penegahan terhadap barang-barang ilegal. Saat ini masih dilakukan operasi Gempur, yaitu operasi yang dilakukan untuk menertibkan Barang Kena Cukai (BKC) ilegal.

Meski demikian, kata dia, hasil survei yang dilakukan dengan bekerjasama dengan Penelitian dan Pelatihan Ekonomika dan Bisnis (P2EB) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajah Mada (FEB UGM) menyatakan, ada penurunan presentase rokok ilegal pada 2018 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan hasil survei tersebut tingkat peredaran rokok ilegal secara nasional turun menjadi 7,04% dibandingkan di tahun 2016 sebesar 12,14%.

“Survei rokok ilegal 2018 yang telah dilakukan di 426 Kota dan Kabupaten di Indonesia,” imbuh Hatta.

Hatta berharap, penindakan ini dapat memberikan efek jera kepada para oknum yang memproduksi atau menyebarkan BKC ilegal. Selain itu, Hatta mengatakan bahwa pemusnahan ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam memberantas peredaran BKC ilegal di Indonesia khususnya di Bekasi.

“Kami pun berharap adanya peran aktif dari masyarakat dapat memberikan informasi terkait BKC ilegal kepada petugas Bea Cukai atau aparat keamanan lainnya,” ujar Hatta.

Adapun, jutaan rokok dan barang ilegal lainnya yang dimusnahkan merupakan hasil penindakan yang dilakukan aparat gabungan, yakni Kodim 0509 Bekasi, Kepolisian Resor Metro Kabupaten Bekasi, Kepolisian Resor Metro Kota Bekasi, Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi, Kejaksaan Negeri Kota Bekasi, Pemerintah Kabupaten Bekasi, Pemerintah Kota Bekasi, instansi pemerintah lain.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id