Wakapolri saat melakukan pengecekan jalur Tol Cipali
Wakapolri saat melakukan pengecekan jalur Tol Cipali (Ahmad Rofahan)

Rest Area Jadi Fokus Perhatian Polri

natal dan tahun baru
Ahmad Rofahan • 22 Desember 2018 17:30
Cirebon: Wakil Kepala Kepolisian Komjen Ari Dono Sukmanto menginspeksi jalur Tol Cikopo-Palimanan, (Cipali) Jawa Barat, Sabtu, 22 Desember 2018. Inspeksi dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi di tol tersebut.

Hasil inspeksinya, perlambatan kerap terjadi di setiap menjelang masuk rest area. Hal itu dikarenakan, sejumlah kendaraan yang akan masuk ke rest area mengurangi kecepatannya.

"Setiap rest area pasti terjadi perlambatan sampai keluar," kata Ari di Cirebon, Sabtu 22 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Ari menilai, persoalan yang terjadi di rest area harus ditangani dengan baik. Jika tidak dikhawatirkan akan menjadi kemacetan akan mengular. 

"Sudah saya sampaikan hal ini kepada Jasa Marga dan rekan-rekan lainnya," kata Ari.

Untuk mengantisipasi hal ini, Ari meminta kepada masyarakat sebelum masuk tol, untuk mencari informasi tentang kondisi jalur tol yang akan dilewati. Jika jalur tol sedang mengalami kepadatan, ia meminta agar menunda sementara keberangkatan, atau memilih jalur lain.

"Jangan sampai nanti malah menambah kemacetan," kata Ari.

Puncak Arus Libur Natal dan Tahun Baru 

Mantan Kabareskrim ini juga memprediksikan puncak arus liburan Natal dan Tahun Baru, bakal terjadi hari ini. Hal itu juga sesuai dengan prediksi dari lembaga lainnya.

Ari mengatakan, ada peningkatan volume kendaraan yang melintas pada hari ini. Sesuai data yang ia terima, pada hari ini sudah tercatat sebanyak 26 ribu kendaraan yang melintasi Tol Cipali menuju Jakarta dan Jawa.

"Ada peningkatan volume kendaraan, tapi lancar," kata Ari.

Sementara General Manager Operasional PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Tol Cipali, Suyitno menyebut, sebanyak 64 ribu kendaraan tercatat melintas di Tol Cikopo-Palimanan pada Jumat, 21 Desember 2018. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan hari sebelumnya dengan jumlah kendaraan hanya mencapai 41 ribu kendaraan.

"Ada peningkatan 56 persen dibandingkan hari sebelumnya," ujar General Manager Operasioanl (GMO) PT lintas Marga Sedaya (LMS), Suyitno, Sabtu, 22 Desember 2018.

Menurut Suyitno, jumlah kendaraan menuju arah Jawa, masih mendominasi untuk dua hari ini. Pada hari kamis, tercatat sebanyak 24 ribu kendaraan yang menuju Jawa, sedangkan pada Jumat kemarin, tercatat sebanyak 42 ribu kendaraan yang menuju Jawa.



(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi