Pesawat Malindo Air tujuan Bandung-Kuala Lumpur dengan nomor 301 gagal lepas landas di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Kamis, 20 Juni 2019. Medcom.id/P Aditya Prakasa
Pesawat Malindo Air tujuan Bandung-Kuala Lumpur dengan nomor 301 gagal lepas landas di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Kamis, 20 Juni 2019. Medcom.id/P Aditya Prakasa (P Aditya Prakasa)

Pesawat Gagal Terbang, Bandara Husein Sastranegara Ditutup

penerbangan
P Aditya Prakasa • 20 Juni 2019 19:37
Bandung: Pesawat Malindo Air tujuan Bandung-Kuala Lumpur dengan nomor 301 gagal lepas landas di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Kamis, 20 Juni 2019. Bandara Husein Sastranegara terpaksa ditutup sementara karena pesawat tergelincir keluar jalur.
 
"Saya berikan keterangan singkat, pesawat Malindo Air dengan nomor pesawat 301, dengan pilot Kapten Feroskan hendak take off. Setelah take off dari tower keluar landasan runway 29," kata Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Bandara Husein Sastranegara Kolonel Penerbang Binang Bayuaji Abdika di Bandara Husein Sastranegara, Kamis 20 Juni 2019, sore.
 
Penumpang pesawat Malindo Air kini telah dievakuasi. Bandara ditutup sementara untuk kepentingan penyelidikan dan investigasi kecelakaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pesawat sudah kembali ke terminal, dokumentasi lengkap untuk penyidikan kita siapkan, KNKT juga sudah turun. Evakuasi dilakukan dengan baik karena pilot sudah tenang," kata Bonang.
 
Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara Andika Nuryaman menyebut operasional bandara ditutup sementara. Namun, penutupan bandara tergantung dari pemeriksaan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).
 
"Saat ini KNKT melakukan investigasi, sehingga sementara waktu kita tutup bandara. Berapa lamanya, kami belum tahu. Kenyataannya KNKT masih investigasi," kata dia.
 
Pihaknya telah melakukan Standar Operasional Prosedur (SOP) mengenai penutupan sementara. Tim teknik telah melakukan evakuasi penumpang di pesawat Malindo Air.
 
"Untuk airline sudah me-refund (mengembalikan uang) dan cancel (membatalkan penerbangan), sudah ada SOP manajemen delay ini," ucap dia.
 
Selain itu, kata Andika, bagi pesawat yang hendak mendarat di Bandara Husein Sastranegara, sementara dialihkan ke Cengkareng maupun Halim Perdanakusuma. "Untuk take off bisa ganti pesawat atau tidak. Sementara tidak ada penerbangan dulu dari Bandung sampai semua selesai," kata Andika.
 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif