Situs Megalitikum Gunung Padang. (ANT/Nurul Ramadhan)
Situs Megalitikum Gunung Padang. (ANT/Nurul Ramadhan) (Benny Bastiandi)

Tebing Timur dan Barat Situs Gunung Padang Longsor

longsor
Benny Bastiandi • 16 Mei 2019 18:34
Cianjur: Sejumlah titik di kawasan Situs Megalitikum Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Cianjut, Jawa Barat, longsor. Longsor terjadi diduga akibat tingginya curah hujam.
 
"Puncaknya kemarin (Rabu) saat hujan deras. Tebing timur dan barat longsor," ujar Juru Pelihara Gunung Padang Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten, Nanang Sukmana, Kamis, 16 Mei 2019. 
 
Nanang memperkirakan, lereng tebing timur longsor sekitar 30 meter dengan ketinggian sekitar 70 meter. Sedangkan lereng tebing barat mengalami longsor selebar 7 meter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau tidak (ada penanganan), kami khawatir lokasi yang longsor akan semakin terkikis hujan. Dampaknya akan sangat besar terhadap kelestarian situs," jelas Nanang.
 
Untuk penanggulangan sementara, Nanang berinisiatif memasang pasak bambu di sekitar titik longsor. Langkah itu dianggap bisa mencegah sementara agar retakan longsoran tak semakin meluas.
 
"Ini (pemasangan pasak bambu) sedang kami lakukan. Tapi ini sifatnya hanya sementara karena kondisinya darurat," ungkap Nanang.
 
Nanang mengaku sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur untuk bersama-sama menangani longsoran. Terutama mencegah agar tidak terjadi retakan atau longsor susulan.
 
"Jika tak ditangani, kami khawatir ada berdampak luas," tandasnya.
 
Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Sugeng Supriyatno, mengaku sudah mengirim tim assesmen di lokasi longsor kawasan situs megalitikum Gunung Padang. Assesmen dinilai penting karena akan menjadi pedoman melakukan langkah tindak lanjut penanganannya.
 
"Nanti dari hasil assesmen, baru ditentukan langkah jangka panjangnya. Terpenting saat ini tidak ada lagi retakan atau longsoran susulan," pungkasnya.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif