Sejumlah Kios Pedagang di Depok Mengalami Longsor

Octavianus Dwi Sutrisno 09 November 2018 20:08 WIB
tanah longsor
Sejumlah Kios Pedagang di Depok Mengalami Longsor
Sejumlah kios pedagang dan bengkel motor yang terletak di Jalan Raya Citayam, Depok, Jawa Barat, Jumat, 9 November 2018. Medcom.id/ Octavianus Dwi Sutrisno.
Depok: Sejumlah kios pedagang dan bengkel motor yang terletak di Jalan Raya Citayam, Depok, Jawa Barat mengalami longsor. Lokasi kios tersebut berada persis di pinggir sungai. 

Menurut informasi yang dihimpun Medcom.id, insiden tanah longsor tersebut terjadi pada Kamis malam, 8 November 2018 ketika hujan lebat melanda sebagian wilayah Kota Belimbing tersebut. Enam Kios dikabarkan ikut ambles ke sungai.

"Jadi sehabis hujan itu, debit air naik di Kali Baru yang terletak tak jauh dari lokasi kejadian ikut naik dan cukup deras. Tiba-tiba tanah yang diatasnya dihuni para pedagang amblas ke bawah kali," kata Nadi, warga sekitar lokasi, Jumat, 9 November 2018.


Nadi menuturkan, dirinya dan rekan-rekannya yang juga tergabung dalam anggota Pokdarwis Kamtibmas setempat seringkali mengingatkan kepada para pedagang untuk pindah ke lokasi lain. Menurut Nadi, tanah di lokasi tersebut sangat rentan longsor sejak beberapa waktu lalu.

"Kita sudah berupaya untuk mengingatkan kepada mereka namun tetap saja buka dan dagang disitu," jelas Nadi.

Sementara Wawan salah satu pemilik warung yang dagangannya ikut terbawa longsoran tanah mengatakan insiden tersebut terjadi tiba-tiba.

"Iya kejadiannya pas hujan deras, tahu-tahu bruk pada amblas ke bawah kali. Saya juga sempat kebawa tapi, alhamdulilah enggak kenapa-kenapa," ungkap Wawan.

Sementara itu, Khoirudin, 35, pedagang buah yang dagangannya ikut longsor mengatakan, hujan sejak pekan pertama sudah mengguyur wilayah tersebut, dirinya sudah mulai was-was saat itu.

"Ya, memang sudah ada tanda-tanda, pas pertama kali hujan itu saya kan biasa jaga malam jadi kerasa seperti tanahnya agak gerak," ungkap Khoirudin.

Saat ditanya mengenai, pelarangan mendirikan kios ataupun tempat berdagang di pinggir kali tersebut Khoirudin mengaku mengetahui namun karena butuh penghasilan dan tidak ada lagi tempat dagangnya dirinya terpaksa bertahan.

"Ya mau gimana lagi mas, namanya urusan perut kita juga kepaksa jualan disini," tandas Khoirudin.

Pantauan Medcom.id, sejumlah petugas dari Dinas PUPR Kota Depok melalui Satgas Banjir telah dikerahkan ke lokasi kejadian dan telah mengevakuasi barang milik pedagang juga mengangkat timbunan longsor dari aliran kali.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id