Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) (Roni Kurniawan)

Ridwan Kamil Siapkan Posko Citarum Harum

sungai pencemaran lingkungan
Roni Kurniawan • 15 Januari 2019 15:01
Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) menyiapkan kantor khusus satuan tugas (satgas) Citarum Harum. Rencananya kantor tersebut berada di Jalan Naripan, Kota Bandung yang merupakan kantor Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Jabar.
 
Hal itu diungkapkan Emil dalam sesi evaluasi satu tahun program Citarum Harum yang digagas oleg Presiden Joko Widodo (Jokowi). Acara evaluasi tersebut pun dihadiri oleh Dansatgas Citarum Harum, Gubernur Jawa Barat, Kapolda Jabar, Pangdam III/Siliwangi, instansi terkait dan kelompok masyarakat yang peduli lingkungan Daerah Aliran Sungai Citarum (DAS) di Graha Siliwangi, Kota Bandung, Selasa 15 Januari 2019.
 
"Kita akan menghibahkan satu kantor di Jalan Naripan sebagai pusat komando Citarum Harum. Nah di sini semua keputusan akan dilakukan dan diambil di sana," ujar Emil usai hadiri evaluasi satu tahun program Citarum Harum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Emil menuturkan, dengan keberadaan kantor tersebut diharapkan memudahkan untuk saling berkoordinasi antara sektor dalam penanganan Sungai Citarum. Pasalnya penanganan Citarum melibatkan beberapa instansi seperti TNI, Polri serta setiap daerah yan dilalui aliran Sungai Citarum.
 
"Ada puluhan kelompok yang berkegiatan di Citarum. Karena melintasi 11 kabupaten kota sehingga koordinasi cukup berat," sambung Emil.
 
Emil berharap, dengan adanya kantor tersebut berbagai keputusan bisa diambil dan dilakukan secara bersama untuk penanganan Citarum. Hal itu pun untuk memudahkan berbagai program kerja yang dimiliki masing-masing instansi atau kelompok masyarakat peduli Citarum agar dilakukan secara bersama.
 
"Karena koordinasi sudah dirancang akan sangat juara, sangat prima, sehingga tidak ada lagi pekerjaan-pekerjaan yang tidak sinkron. Karena ada puluhan elemen yang bekerja demi citarum tapi satu sama lain masih belum terkoneksi," ungkap Emil.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif