Pendaki Meninggal di Puncak Cartenz Dikebumikan

P Aditya Prakasa 05 November 2018 14:23 WIB
pendaki tewas
Pendaki Meninggal di Puncak Cartenz Dikebumikan
Aulia menunjukkan foto kakaknya, Andika, yang meninggal saat mendaki puncak gunung Cartenz di Papua, Senin, 5 November 2018, Medcom.id - Aditya
Bandung: Seorang pendaki meninggal di puncak Gunung Cartenz, Papua, pada Sabtu, 3 November 2018. Jenazah Andika Pratama Putra pun dibawa ke rumah duka di Kota Bandung, Jawa Barat.

Sekitar pukul 07.30 WIB, keluarga mengebumikan almarhum di pemakaman Kamaras, Kota Bandung. Keluarga mengaku ikhlas melepas kepergian Andika ke liang lahat.

Aulia Anindita, adik almarhum, mengatakan kakaknya tengah berlatih dengan enam pendaki berkewarganegaraan Rusia dan Azerbaijan di Papua. Mereka mendaki Cartenz sejak 29 Oktober 2018.


Namun, Sabtu, Andika tertimpa reruntuhan batu. Ia meninggal.

"Kemudian almarhum dievakuasi ke Timika menggunakan helikopter dan diberangkatkan ke Bandung dengan Garuda Indonesia. Jenazah tiba di rumah pukul 24.00 WIB tadi," kata Aulia di rumah duka di kawasan Arcamanik.

Aulia mengatakan kakaknya sangat menggemari hobi mendaki gunung. Sejak duduk di bangku sekolah, kegemaran itu muncul. Andika mulai mendaki gunung.

Hobinya berlanjut ketika kuliah di Universitas Parahyangan dan dia bergabung dengan organisasi mahasiswa pecinta alam. Kegemarannya tak luntur meski lulus kuliah. 

Andika kemudian bekerja di sebuah perusahaan pendakian Indonesia, Expedition. Andika juga menjadi pemandu dalam program pendakian Seven Summit di Gunung Kilimanjaro, Tanzania.

"Kami memang tidak terlalu dekat karena beda kota dari SMA, tapi komunikasi cukup intens dia sederhana banget, orangnya enggak banyak macam-macam," ungkap Aulia.

Menurut Aulia, Andika sudah tiga kali ke Cartenz. Bahkan Andika menyebutkan Cartenz sebagai gunung favoritnya.

"Pernah bilang, semua gunung yang pernah dia daki, Cartenz yang paling nyebelin. Tapi begitu sampai di puncak, ia jatuh cinta pada gunung tersebut," ujar Aulia.

Tak hanya Cartenz, Andika juga sempat menjadi pemandu dalam program Seven Summit di Gunung Kilimanjaro.




(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id