Situ Patinggi. Istimewa
Situ Patinggi. Istimewa ()

KPSD Fokus Jaga Situ yang Tersisa

lingkungan peduli lingkungan sosok Sosok Inspiratif
13 Maret 2019 18:32
Depok: Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Komunitas Peduli Situ Depok (KPSD) mendeklarasikan pentingnya menjaga situ yang tersisa. Sebab saat ini, situ di Depok kebanyakan telah berubah wajah menjadi area perumahan dan sebagian lagi mengalami pendangkalan. 
 
Ketua KPSD Pardi Dongkal mengaktan, deklarasi sengaja digelar di tepi Situ Patinggi, Depok. Sebab Situ Patinggi merupakan salah satu situ yang masih terjaga kelestariannya. KPSD juga bersosialisi pentingnya menjaga kelestarian situ Patinggi dengan menggelar lomba mancing untuk warga sekitar Situ.
 
"Saya ingin situ-situ yang ada di kota Depok tetap lestari, karena kita tahu ada beberapa situ yang hilang. Ada yang diurug jadi perumahan, ada yang karena pendangkalan yang cepat hingga airnya hilang. Salah satu caranya dengan lomba mancing untuk mengedukasi masyarakat agar peduli dengan kelestarian situ," kata Pardi, Rabu, 13 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Pardi, keberadaan situ sangat penting untuk area resapan air. selain untuk menjaga lingkungan agar lebih baik dan asri, situ bisa menyelamatkan Kota Depok dari ancaman banjir. 
 
"Situ tidak boleh hilang lagi. Bahaya Depok bisa banjir jika tidak dijaga bersama-sama kelestariannya," tambahnya.
 
KPSD Fokus Jaga Situ yang Tersisa
Sejumlah anggota Komunitas Peduli Situ Depok (KPSD)
 
KPSD akan rutin memantau keberadaan 21 Situ yang berada di Depok dengan menggelar lomba mancing dan membersihkan situ. "Deklarasi KSPD di Situ Patinggi ini untuk memperkenalkan nama situ yang tidak semua orang tahu. Selanjutnya kami akan bergerak ke situ lainnya di Depok. Termasuk yang sudah dangkal agar tidak berubah menjadi area perumahan" ujar Pardi. 
 
Sementera Sekjen Forum Korban Mafia Tanah Indonesia (FKMTI), Agus Muldya Natakusuma mendukung gerakan warga untuk menjaga situ sesuai fungsinya. Agus mengungkapkan mafia tanah bisa mengubah peruntukan situ menjadi area pemukiman. 
 
Jika hal ini dibiarkan akan merugikan banyak orang. Selain soal ancaman banjir juga status tanahnya. 
 
"Situ kan aset negara, tapi faktanya bisa dijualbelikan menjadi perumahan yang untung hanya mafia tanah. Selain ancaman banjir, pembeli rumah juga akan bermasalah jika satu saat situ tersebut direvitalisasi," ujarnya. 
 
Situ Patinggi berada di kelurahan Tapos, Cimanggis Depok dengan luas sekitar 6 hektare dan sebagian areanya masuk kawasan PT Karabha Digdaya. PT Karabha Digdaya sendiri berkomitmen untuk melestarikan Situ Patinggi. 
 
"Tidak mungkin kami mengurug situ. Sebab, selain untuk estetika, fungsi situ juga sangat penting untuk resapan air, " ujar Kepala Divisi Proyek PT Karabha Digdaya, Yuli Priyanto.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif