Ilustrasi warga sekitar yang juga nasabah memilah sampah botol plastik di bank sampah. MI/Barry Fathahilah
Ilustrasi warga sekitar yang juga nasabah memilah sampah botol plastik di bank sampah. MI/Barry Fathahilah (Antonio)

Bekasi Wacanakan Bangun Bank Sampah di Seluruh RW

sampah
Antonio • 02 Januari 2019 20:41
Bekasi: Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, menargetkan pembangunan bank sampah di seluruh lingkungan Rukun Warga (RW). Rencana ini diharap dapat mengurangi produk sampah di Kota Bekasi.
 
Keberadaan bank sampah dapat membuat masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah. Selain itu, masyarakat juga bisa mengolah sampah yang memiliki nilai ekonomis sebelum didistribusikan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumur Batu, Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Luthfi menjelaskan, produksi sampah di Kota Bekasi telah mencapai 1890 ton/hari. Dari jumlah tersebut, 40 persen diantaranya merupakan sampah plastik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya mengajak warga Kota Bekasi untuk membuat bank sampah di wilayahnya masing-masing. Tahun ini ditargetkan sebanyak 100 bank sampah yang tersebar di Kota Bekasi bisa terbangun.
 
“Pemilahan sampah sudah mulai berjalan dengan berdirinya 220 bank sampah yang tersebar di Kota Bekasi dan kita akan dorong terus sampai ada di seluruh RW sekitar 1.050 RW,” kata dia di Bekasi, Rabu 2 Januari 2018.
 
Pembangunan bank sampah, kata dia, dibangun oleh warga. Pihaknya hanya melakukan kampanye dan sosialisasi untuk mengajak masyarakat.
 
“Kita akan datang, dengan Bank Sampah Induk Patriot (BSIP), memotivasi mereka (warga), memberikan pelatihan terkait dengan bagaimana pengelolaan," tutupnya.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif