Ilustrasi - - Foto: Antara/ Rahmad
Ilustrasi - - Foto: Antara/ Rahmad (Roni Kurniawan)

Persediaan Pangan di Bandung Aman hingga Lebaran

pangan
Roni Kurniawan • 23 Mei 2019 18:14
Bandung: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan stok pangan segar aman dan harga dipastikan stabil pasaran jelang Lebaran 2019. Warga diimbau tidak panic buying.
 
Plt Kepala Bidang Distribusi Perdagangan dan Pengembangan E-Commerce Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Iim Dewi Mulyani memastikan, pihaknya selalu memantau ketersediaan 22 komoditas utama. Pemantauan dilakukan di 33 pasar tradisional dan 61 pasar modern di Kota Bandung. 
 
"Sekarang harga sudah stabil. Lonjakan tidak signifikan, kecuali menjelang Idulfitri. Masyarakat akan mengonsumsi lebih dari biasanya. Dengan pasokan dari Dispangtan (Dinas Pangan dan Pertanian) Insyaallah aman," ujar Dewi, di Taman Sejarah Bandung, Jalan Aceh, Bandung, Jawa Barat, Kamis 23 Mei 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Kepala Bidang Keamanan Pangan Dispangtan Kota Bandung, Ermariah, telah bergerak untuk memastikan keamanan pasokan pangan sejak sebelum Ramadan. Ermariah mengaku, telah menemui pemasok bahan pangan. 
 
"Kami sudah ke Ciamis menemui peternak ayam yang biasa memasok ke Kota Bandung untuk memastikan bisa menyediakan kebutuhan untuk Lebaran. Kami juga sudah menemui feedloater dan pemasok telur di Blitar," ungkap Erma.
 
Antisipasi Dispangtan difokuskan terhadap ketersediaan tiga komoditas, yaitu ayam, daging sapi, dan telur. Setiap tahun, permintaan komoditas itu melonjak naik menjelang Lebaran. 
 
Rumah Potong Hewan (RPH) yang biasanya memotong daging ayam 60-80 ekor per hari, sudah siap memotong sekitar 240 ekor per hari menjelang Lebaran. Hal yang sama berlaku untuk pemotongan sapi.
 
"Permintaan telur paling tinggi, karena kalau di Kota Bandung banyak industri kue, jadi untuk membuat kue. Hari ini harganya berkisar Rp23 ribu sampai Rp24 ribu per kilo. Itu masih wajar,” bebernya.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif