Empat orang pelaku pencurian modus ganjal mesin ATM yang ditangkap Polres Metro Bekasi Kota. Medcom.id/Antonio
Empat orang pelaku pencurian modus ganjal mesin ATM yang ditangkap Polres Metro Bekasi Kota. Medcom.id/Antonio (Antonio)

ATM BRI Favorit Pelaku Modus Ganjal ATM

kasus pembobolan dana
Antonio • 31 Desember 2018 20:31
Bekasi: Pelaku pencurian modus mengganjal mesin anjungan tunai mandiri (ATM) lebih memilih untuk beraksi di mesin milik BRI. ATM BRI menjadi favorit pelaku karena dinilai lebih mudah untuk dirusak.
 
"Menurut mereka, yang mudah diganjal itu BRI mesin ATM nya. Jadi mulut ATM nya masih bisa dicongkel," kata Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Eka Mulyana.
di Bekasi, Senin, 31 Desember 2018.
 
Selama beraksi mereka membawa sejumlah perlengkapan seperti pinset, obeng dan plastik untuk mengganjal mesin. Setelah berhasil mengganjal, korbannya panik dan langsung berpikir bahwa kartunya tertelan di ATM.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Komplotan Pencuri Modus Ganjal ATM Ditangkap
 
Saat korban mencoba memasukkan nomor PIN, pelaku lain mencoba mengintip nomor korban. Mereka mencongkel bagian kartu pada mesin menggunakan obeng saat korbannya pulang.
 
Kartu yang diambil dengan pinset langsung dipakai. "Rata – rata dari tiap TKP mereka mendapatkan hasil Rp7,5 juta, Rp4 juta dan Rp3 juta. Cepat (aksi pelaku), sekitar 10 menit," ujarnya.
 
Polres Metro Bekasi Kota menangkap empat orang pelaku pencurian modus ganjal mesin ATM. Keempatnya ialah Asri Effendi (AE), 22, Nusan Ardiansyah (NS), 22, Ricki Nursandi, 26, dan Aris Iwansyah, 29.
 
Komplotan tersebut sudah beraksi sebanyak 14 kali di sejumlah wilayah Sumatera,  Jawa Barat dan DKI Jakarta.  Pelaku dijerat Pasal 363 tentang Pencurian dengan ancaman hukuman selamanya tujuh tahun penjara.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi