Jokowi-JK Letakkan Batu Pertama Kampus UIII

Octavianus Dwi Sutrisno 05 Juni 2018 12:21 WIB
pendidikan
Jokowi-JK Letakkan Batu Pertama Kampus UIII
Presiden Joko Widodo (tengah), Wakil Presiden Jusuf Kallan (kanan), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meletakkan batu pertama kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Depok, Jawa Barat. Medcom.id/Octavinus Dwi Sutrisno
Depok: Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla meletakkan batu pertama Gedung Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Komplek RRI Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa, 5 Juni 2018. Peresmian pembangunan universitas baru ini juga dihadiri sejumlah pejabat lain.

Dalam seremonial peletakan batu pertama, tampak hadir Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir juga turut hadir Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono juga turut meletakkan batu pertama bersama Jokowi-JK.

Presiden RI Joko Widodo mengatakan perencanaan pembangunan UIII telah digodok dan dimatangkan selama dua tahun. Penyediaan lahan juga tidak mudah. Awalnya, permintaan lahan kampus mencapai 1.000 hektare.


"Saya arahkan di luar Jawa, namun semua tim menyampaikan tidak setuju. Akhirnya, dapat lahan ini 142 hektare lebih, dan saya lihat ternyata sangat luas," ungkap Joko Widodo saat memberikan sambutan di lokasi peletakan batu pertama.

UIII akan menjadi kampus masa depan. Dirinya berharap UIII bisa menjadi pusat penelitian peradaban Islam.

"Kita berharap ide-ide ini bisa terwujud oleh sebab itu, dengan mengucap Bismillah, saya letakkan batu pertama UIII," paparnya.

Peletakan batu pertama tersebut, juga ditandai dengan pukulan gong sebanyak tiga kali oleh Presiden RI.

Sementara itu Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menegaskan pembangunan kampus Islam terbesar di Asia Tenggara ini akan di dukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Jabar.

"Karena itu kami berkeyakinan pembentukan kampus ini, kami selaku Pemprov Jabar Insyaalah siap menerimanya dan memberikan dukungan sepenuhnya bagi kampus UIII," pungkasnya.

 



(SUR)