BIJB Beroperasi, Pemprov Siapkan Bus Damri Angkut Penumpang
Bagian depan Bandara Internasional Jawa Barat di Majalengka yang diresmikan Presiden RI pada Kamis 24 Mei 2018, Ant - M Agung Rajasa
Bandung: Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) mulai melayani penerbangan komersil pada 8 Juni 2018. Pemerintah Provinsi Jabar pun menyediakan angkutan dari BIJB ke beberapa kota.

Kepala Dinas Perhubungan Jabar Dedi Taufik mengatakan pemerintah menyiapkan bus Damri di BIJB di Kecamatan Kertajati, Majalengka. Bus akan mengangkut penumpang ke Bandung dan Cirebon, atau sebaliknya. 

BIJB berlokasi di Kecamatan Kertajati, Majalengka. Bila melalui tol Cipali, jarak BIJB menuju Bandung kurang lebih 100 kilometer. Waktu tempuhnya kurang lebih 3 jam.


Baca: BIJB Mulai Layani Penerbangan Komersial 8 Juni

"Untuk itu, kami sedang memproses penyediaan transportasi dari BIJB ke beberapa kota dan kabupaten. Misalnya Bus Damri dari BIJB ke Bandung, BIJB ke Cirebon, dan ada juga bus antarjempit dalam provinsi," kata Dedi di Bandung, Jumat, 25 Mei 2018.

Untuk di Bandung, stasiun pemberhentiannya di kawasan Gedebage dan Jalan Kebon Kawung. Selain Damri, ada juga bus umum yang melintasi Kertajati menuju Bandung dan Indramayu.

"Itu juga bisa digunakan,," sambungnya.

Adanya moda transportasi bus tersebut diharapkan Dedi bisa memudahkan calon penumpang yang hendak berangkat dari BIJB Kertajati. Terlebih pada 8 Juni 2018 mendatang, BIJB Kertajati mulai beroperasional secara komersih dan dipastikan akan menjadi tempat untuk arus mudik lebaran 2018.

"Bandara Kertajati 8 Juni nanti sudah ada penerbanhan seperti citylinj, lion air dan wings, maka transportasi penunjang lainnya sudah harus ada," pungkasnya.

Dedi mengaku, Dishub Jabar telah siap untuk segala kebutuhan transportasi dari berbagai daerah di Jabar yang hendak berangkat ke BIJB Kertajati. Bahkan untuk mudik lebaran pun Dishub Jabar telah memetakan simpul jaringan transportasi bus yang melintasi kawasan Majalengka.

"Jadi sekarang dikebut juga berbagai kebutuannya dan sudah ada," tegas Dedi.




(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id