Tahun Depan, Ridwan Kamil Siapkan Rusun untuk Guru

Roni Kurniawan 26 November 2018 11:06 WIB
hari guru
Tahun Depan, Ridwan Kamil Siapkan Rusun untuk Guru
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berswafoto bersama para guru usai melaksanakan upacara memperingati Hari Guru Nasional di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin 26 November 2018.
Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) berjanji akan menyejahterakan para guru yang dengan menghadirkan program rumah susun (rusun). Program rusun untuk para guru di Jabar akan dimulai pada 2019 mendatang yang merupakan janji politik Emil saat kampanye Pilkada Jabar 2018.

Menurut Emil, program rusun bagi para guru tersebut sebagai upaya untuk meringankan pengeluaran yang belum memiliki tempat tinggal tetap selama ini.

"Kita ada rencana rumah buat guru-guru, itu juga dalam bentuk rusun atau apa sedang kita siapkan kerja sama dengan daerah-daerah," ujar Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin 26 November 2018.


Emil memastikan program rusun untuk guru tersebut tidak akan menggunakan dana APBD 2019 yang memiliki porsi 20 persen untuk pendidikan. Emil akan menyiasati program tersebut dengan cara melakukan kerja sama dengan berbagai pihak.

"Dalam konsep saya lima tahun kan ada APBD provinsi (Jabar), APBN, ada dana umat, ada dana dari PPP (public private patership) dan lain-lain. Nah harapan saya dengan ini diharapkan kesejahteraan guru bisa meningkat," urainya.

Namun Emil belum menjabarkan secara detail anggaran yang dibutuhkan untuk membangun rusun bagi para guru di Jabar. Pasalnya ia akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) untuk mewujudkan visi tersebut.

"Nanti saya akan koordinasi dengan PUPR. Ini program Rindu (Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum)," ujar Emil.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id