Perluasan Bandara Soetta Dinilai Langkah Tepat
Sejumlah anak bermain di daerah terlarang perimeter utara landasan pacu Bandara Soekarno-Hatta. (MI/PANCA SYURKANI)
Jakarta: Rencana perluasan Bandara Soekarno-Hatta 2 di Kabupaten Tangerang, Banten, dianggap langkah tepat. Selain meningkatkan angka perjalanan dan pelayanan pada masyarakat perluasan bandara juga berdampak pada daerah. 

Anggota Komisi V DPR RI, Bambang Haryo mengatakan, perluasan bandara dengan cara reklamasi pulau langkah yang positif. Reklamasi memang sebaiknya dimanfaatkan untuk infrastruktur publik seperti perluasan Bandara Soetta tersebut. Dia menyebut penggunaan lahan reklamasi untuk pelayanan publik adalah tepat dibanding hanya memanfaatkannya untuk lahan permukiman komersil.

“Ini satu langkah luar biasa. Daripada pulau reklamasi jadi konsep perumahan, mending jadi fasilitas publik, infrastruktur publik (seperti bandara),” kata Bambang, Selasa, 4 Desember 2018.


Baca: Wacana Pembangunan Bandara Soetta 2 Berdampak Positif

Meski begitu Bambang meminta proyek dikerjakan dengan kajian yang matang dan pengawasan ketat agar prosesnya memenuhi semua syarat. Selain itu, Bambang mendorong proyek reklamasi untuk perluasan Bandara Soetta juga diintegerasikan dengan kawasan industri.

“Harus dibuat juga kawasan industri yang mungkin terintegrasi dengan bandara tersebut. Fasilitas publik lainnya seperti terminal bus yang langsung teirntegrasi dengan bandara misalnya,” ungkap Bambang.

Perluasan Bandara Soetta di atas lahan reklamasi rencananya dimulai pada 2020. Berdasarkan kajian Angkasa Pura II, diperlukan lahan seluas 2.000 hektare dan investasi Rp100 triliun untuk perluasan Bandara Soetta. 

Perluasan bandara yang sudah beroperasi sejak 1985 itu dilakukan untuk meningkatkan daya tampung penumpang yang diprediksi mencapai 100 juta penumpang pada 2024, dari 63 juta penumpang pada 2017.

Kajian masih terus dilakukan AP II untuk memastikan proyeknya berjalan, bermanfaat, dan memenuhi semua syarat.




(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id