Perum PPD bersama Pemerintah Kabupaten Tangerang resmikan 10 unit bus Jabodetabek Airport Connexion (JAC) dan Jabodetabek Residence Connexion (JRC) untuk mengangkut penumpang dari Scientia Square Park (SQP) menuju Bandara Soekarno Hatta dan Scientia Squar
Perum PPD bersama Pemerintah Kabupaten Tangerang resmikan 10 unit bus Jabodetabek Airport Connexion (JAC) dan Jabodetabek Residence Connexion (JRC) untuk mengangkut penumpang dari Scientia Square Park (SQP) menuju Bandara Soekarno Hatta dan Scientia Squar (Hendrik Simorangkir)

Rute Bus Summarecon ke Bandara Soetta dan Lebak Bulus Dibuka

transportasi
Hendrik Simorangkir • 12 Juni 2019 15:28
Tangerang: Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, meresmikan 10 unit bus Jabodetabek Airport Connexion (JAC) dan Jabodetabek Residence Connexion (JRC). 10 unit itu akan dibagi untuk dua rute mengangkut penumpang dari Summarecon Serpong Scientia Square Park (SQP) menuju Bandara Soekarno Hatta dan SQP menuju Lebak Bulus. 
 
"Ini adalah yang pertama di Kabupaten Tangerang, mudah-mudahan kerjasama ini terus berlanjut dengan pihak Summarecon dan Pemda Tangerang. Ini diresmikan bertujuan untuk menunjang mobilitas masyarakat Kabupaten Tangerang," ujar Direktur Utama Perum PPD, Pande Putu Yasa di Scientia Square Park, Kabupaten Tangerang, Rabu, 12 Juni 2019.
 
Pande berharap, Pemkab Tangerang dapat kerja sama dengan pihaknya sebagai penyedia jasa transportasi publik bisa terus berlanjut untuk memenuhi beberapa rute lain untuk tujuan Jakarta dan sekitarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak menutup kemungkinan juga dari Summarecon ke beberapa tempat lain di Jakarta, ada beberapa pusat perbelanjaan lain yang nanti akan kita jaringkan dari SQP ini," katanya. 
 
Pada rute perdana ini, PPD memberikan promo tarif bus sebesar Rp10 ribu untuk rute SQP-Lebak Bulus dan Rp15 ribu untuk rute SQP-Bandara Soekarno-Hatta.
 
Sementara, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menjelaskan, terdapat sekitar 300 ribu warga Kabupaten Tangerang yang setiap harinya terhubung ke Jakarta. 
 
"300 ribu masyarakat Kabupaten Tangerang berinteraksi ke Jakarta. Kalau ini bisa diwujudkan, maka ini bisa mengurangi beban tol Jakarta-Merak," jelasnya.
 
Menurut Zaki, PPD dan BPTJ agar dapat melakukan kajian untuk pengoperasian bus dari wilayah Jakarta Barat hingga ke Balaraja, Kabupaten Tangerang. Hal itu diusulkan untuk dapat mengcover penumpang di kawasan-kawasan satelit yang padat penduduk, terutama di jalur jalan Tol Jakarta Merak bisa terlintasi bus-bus JRC dan JAC.
 
"Karena dari wilayah Jakarta Barat sampai Tangerang, setiap 2 kilometer terdapat perumahan padat penduduk. Jadi, dengan hadirnya ini sangat membantu sekali masyarakat di Kabupaten Tangerang. Ini model pertama (SQP), kemudian akan ada di Karawaci, Suwarna Sutera, Telaga Bestari dan jalur jalur lain dengan begitu, ini bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan mengurangi kemacetan," jelas Zaki.
 
Dalam pengoperasiannya, perum PPD akan mengoperasikan sebanyak 10 bus yang dibagi untuk dua rute tersebut. Pihaknya menargetkan keterisian bus bisa mencapai 80 persen. 
 
"Headway 30 menit sekali. Tapi kita lihat pada load penumpang, jika tinggi tentu akan kita tambah. Tapi biasanya itu maksimal 15 bus untuk setiap rute," katanya.
 
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif