: Sejumlah pengendara memperlambat laju kendaraannya saat memasuki Gerbang Tol Cikarang Utama, di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (21/12/2018)
: Sejumlah pengendara memperlambat laju kendaraannya saat memasuki Gerbang Tol Cikarang Utama, di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (21/12/2018) (Antonio)

Gerbang Tol Cikarang Utama Direlokasi

infrastruktur
Antonio • 07 Februari 2019 10:28
Bekasi: Gerbang Tol Cikarang Utama yang berada di Km 29 Tol Jakarta Cikampek (Japek) Kabupaten Bekasi akan direlokasi jelang mudik lebaran 2019. Relokasi dilakukan untuk mengurai penumpukan kendaraan di gerbang tersebut.
 
Deputy General Manager Traffic Management PT Jasa Marga cabang Jakarta Cikampek, Cece Kosasih mengatakan, pemindahan akan dilakukan ke ruas Tol Jakarta Cikampek dan Purbaleunyi.
 
"Kalau dari arah Jakarta ke Cipali itu di KM 70, Jakarta ke arah Bandung di KM 67 Purbaleunyi," kata dia di Bekasi,  Kamis 7 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Cece, pemindahan dilakukan dalam rangka untuk memperlancar kondisi lalu lintas pada tahap arus mudik lebaran nanti. "Ini rencana sudah mulai. Gerbang pengganti sedang dibangun. Setelah itu selesai maka akan dipindahkan itu," tuturnya.
 
Ia menambahkan, relokasi juga dilakukan untuk meningkatkan kapasitas kendaraan di ruas Tol Japek yang saat ini terdapat sejumlah proyek yang masih dalam proses pengerjaan seperti, Light Rail Transit (LRT), Jakarta Cikampek II (Elevated) dan Kereta Cepat Jakarta Bandung.
 
"Supaya tidak terlalu banyak transkasi, sehingga ini untuk memperlancar sebenarnya," ujarnya.
 
"Ini merupakan satu improvement (perbaikan), bahwa kalau dibongkar, dalam rangka untuk mempercepat atau memperlancar arus lalu lintas pada saat arus mudik lebaran nanti," sambung Cece.
 
Ia menyatakan, relokasi tersebut ditargetkan akan selesai pada April 2018. "Target kita lebaran sudah bisa digunakan. Ini kegiatan pembangunan sudah mulai sejak awal bulan kemarin. Mungkin awal bulan April. Prinsipnya itu akan dipakai pada arus mudik dan balik lebaran," tutup Cece.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif