Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal (Antara)

Banjir Bandang Terjang Bandung

banjir bandang kota bandung bencana banjir
Antara • 01 April 2019 20:52
Bandung: Banjir bandang menerjang dua Sekolah Dasar (SD) dan pemukiman warga di daerah Sukup Baru, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat. Banjir disebabkan tanggul yang jebol.
 
Koordinator Humas Basarnas Jawa Barat Joshua Banjarnahor menyebut, pihaknya telah menerjunkan personel ke tempat kejadian. "Tim melakukan pengecekan sekaligus mengevakuasi warga yang ingin di evakuasi, sejak siang tadi Bandung di guyur hujan," katanya melalui pesan singkat, Senin, 1 April 2019.
 
Dua sekolah yang turut terdampak banjir yakni SD Negeri 224 Cijambe dan SD Negeri Ajitunggal. Saat kejadian, Joshua menuturkan, masih ada kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian, pihaknya berfokus kepada evakuasi siswa mengingat banjir bandang yang cukup deras.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tanggul di belakang sekolah SD 224 jebol, kini kami fokus untuk melakukan evakuasi murid SD Aji Tunggal, Cijambe," katanya.
 
Dia menganjurkan kepada masyarakat untuk tetap waspada terkait banjir yang bisa terjadi kapan saja. Ia berharap masyarakat tetap tenang menanggapi banjir yang terjadi.
 
"Warga diharap tenang dan tetap waspada, matikan arus listrik," katanya.
 
Saat ini pihaknya telah berkordinasi dengan aparat setempat untuk melakukan evakuasi kepada warga yang terdampak oleh banjir tersebut.
 
Hujan deras juga menyebabkan beberapa kawasan vital direndam banjir. Ratusan Kios di Pasar Induk Gedebage Kota Bandung direndam banjir setinggi 50 sentimeter. Aktivitas pedagang jadi terganggu.
 
Banjir juga merendam ruas Jalan  Sukarno-Hatta yang menjadi salah satu jalan utama Bandung. Banjir menyebabkan kemacetan.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif