Cirebon Timur Berharap Segera Dimekarkan Ridwan Kamil
Ketua Litbang Komite Pemekaran Cirebon Timur, Adang Juhandi. Medcom.id/ Ahmad Rofahan.
Cirebon: Wilayah Cirebon Timur menyambut baik rencana Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang ingin memekarkan sejumlah wilayah di Jawa Barat.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil sebelumnya mengatakan akan berupaya menambah daerah baru di Jawa Barat.

Ketua Litbang Komite Pemekaran Cirebon Timur, Adang Juhandi menuturkan, pemekaran untuk Wilayah Timur Cirebon (WTC) penting segera direalisasikan.


"Kami sudah memperjuangkan pemekaran WTC ini, sejak 15 tahun yang lalu," ujar Adang di Cirebon, Jawa Barat, Senin, 10 September 2018.

Baca: Ridwan Kamil Berencana Mekarkan Wilayah Jawa Barat

Adang menjelaskan, pihaknya sudah menggagas pemekaran sejak 15 tahun yang lalu. Sejumlah lembaga sudah mengawal pemekaran ini.

Menurut Adang, terdapat cukup banyak ketimpangan yang terjadi dan dirasakan oleh masyarakat di Wilayah Timur Cirebon. Salah satu ketimpangan yang dirasakan oleh masyarakat di WTC adalah, masalah pembagian anggaran wilayah.

"Ploting APBD untuk wilayah timur cirebon, tidak adil," jelas Adang.

Bahkan Adang menyebutkan, dirinya sudah mendapatkan sinyal dari salah seorang anggota dewan pusat, bahwa WTC sudah masuk dalam 70 Daerah Otonomi Baru (DOB) untuk kabupaten dan kota se-Indonesia, yang harus dimekarkan.

"Katanya 2019 ini moratoriumnya dicabut," ungkap Adang.

Adang mengaku sangat mendukung rencana yang dilakukan oleh Gubernur Ridwan Kamil. Menurutnya, dengan adanya rencana tersebut, pemekaran WTC bisa segera direalisasikan.

"Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan yang kompetitif, pemekaran memang salah satu solusinya," pungkas Adang.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id