Sambungan Rel Dicuri, Perjalanan KA Sempat Terganggu
Ilustrasi. Juru penilik kereta api. (ANT/Yusuf Nugroho)
Cirebon: Pelat sambungan rel kereta api di lintasan Stasiun Pegadenbaru dan Cipunagara Subang, Jawa Barat, dicuri. Walaupun yang dicuri cukup sepele, tapi dampaknya membahayakan ratusan nyawa.

Manager Humas Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro, mengatakan hilangnya pelat sambung rel itu diketahui pagi tadi pukul 04.45 WIB saat Petugas Pemeriksa Jalan (PPJ) melewati perlintasan. Akibatnya, perjalanan kereta terganggu. Pihaknya terpaksa memindahkan jalur perjalanan kereta, melalui jalur sebelahnya.

"Saat bersamaan ada kereta barang yang akan melintas, jadi jalurnya dipindah ke jalur sebelahnya," ujar Kris di Cirebon, Jumat, 18 Mei 2018.


Ia menduga pelat sambung rel dicuri, bukan karena terlepas akibat getaran kereta. Kris menyebutkan ada enam baut yang hilang. Baut tersebut untuk menjaga pelat agar tidak bergeser.

"Saat ditemukan, enam bautnya juga sudah tidak ada," kata Kris.

Kris menuturkan jika hilangnya pelat sambung rel tidak diketahui petugas, maka mengakibatkan kereta anjlok atau terguling dan  membahayakan penumpang.

"Sangat bahaya karena nanti rel bisa bergeser dan mengakibatkan kereta anjlok atau terguling," ujar Kris.

Saat ini pelat sambungan rel sudah dipasang kembali dan perjalanan kereta kembali normal. Kris meminta masyarakat untuk ikut menjaga sarana dan prasarana perkeretaapian. Karena benda yang diambil, tidak sebanding dengan banyaknya nyawa yang menggunakan kereta api.

"Hal semacam ini sangat disayangkan dan membahayakan keselamatan perjalanan KA yang jumlah penumpangnya tidak sedikit," ujar Kris.



(LDS)