Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal. (Octavianus Dwi Sutrisno)

Buruh Depok Tak Akan Turun ke Jalan Saat May Day

may day hari buruh
Octavianus Dwi Sutrisno • 29 April 2019 14:47
Depok: Organisasi Pekerja di Kota Depok tidak akan turun ke jalan saat hari buruh nasional yang jatuh pada Rabu 1 Mei 2019. Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok, Manto Jhorgi mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan delapan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Serikat Pekerja dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO).
 
Manto mengatakan, dari koordinasi tersebut, hanya ada satu DPC yang akan melakukan saat May Day.
 
"Kegiatannya seminar dalam ruangan tertutup yang membahas mengenai usulan revisi PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan. Jadi, berdasarkan hasil koordinasi di 1 Mei tidak ada kegiatan dari para pekerja keluar dari wilayah Kota Depok," ucap Manto di Mapolresta Depok, Jawa Barat, Senin, 29 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, hari buruh juga akan dirayakan bersama Pemerintah Kota Depok dan stakeholder lainnya pada 2 Mei 2019. Berbagai kegiatan telah disusun untuk memanjakan para pekerja pabrik.
 
"Nanti akan hadir juga, Wali Kota Depok, Dandim dan aparatur pemerintahan lainnya. Rangkaian kegiatannya yaitu Jalan santai, menanam pohon, menebar benih ikan dan akan ada door prize juga bagi karyawan yang ikut kegiatan ini," jelas Manto.
 
Sementara itu, Kapolresta Depok Kombes Didik Sughiarto mengapresiasi ide dan kesepakatan dari seluruh serikat Depok, untuk memperingati Hari Buruh dengan damai dan kondusif.
 
"Jadi, ada dua kegiatan saja. Namun, tetap kami mempersiapkan pengamanan dan menjalin komunikasi baik dengan pihak pekerja maupun Pemerintah Kota Depok," kata Didik.
 
Menururt Didik, kegiatan yang dilakukan oleh serikat pekerja tersebut adalah kegiatan positif sehingga stabilitas keamanan di Kota Depok saat Hari Buruh nanti dipastikan kondusif.
 
"Kita melihat berbagai kegiatan positif seperti bagi-bagi sembako dan berbagai kegiatannya lainnya dalam mengisi hari buruh perlu di dukung," jelas Didik.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif