Bawaslu Kota Bekasi Temukan 20.659 Pemilih Ganda
ilustrasi Medcom.id
Bekasi: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi menemukan 20.659 data pemilih yang ganda jelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019. Pemilih ganda tersebut terdeteksi setelah dilakukan pemeriksan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP).

Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Tommy Siswanto menjelaskan, Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilu 2019 sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada sebelumnya.

Saat dilakukan pemutakhiran data pemilih oleh KPU Kota Bekasi, terdapat sekitar 65 ribu jiwa yang baru masuk dan terdaftar dalam DPSHP. Hal itu dikarenakan mereka tidak terdaftar pada pelaksaan pemilu sebelumnya.


"Pemilih yang belum terdaftar itu salah satunya yang belum punya KTP (pada Pemilu sebelumnya), lalu yang baru masuk usai Pilkada kemarin karena baru 17 tahun," kata dia di Bekasi, Sabtu 15 September 2018.

Kemudian, sambung Tommy, dari sekitar 65 ribu orang itu, pihaknya menemukan 20.659 pemilih ganda. "Namanya ada dua, ada tiga, bisa di satu kecamatan, bisa tingkat kota. Itu terjadi karena pada saat pilkada kan ada pemilih yang menggunakan KTP, tapi tidak terdaftar dalam DPT, itu diinventarisirnya dalam DPS Hasil Perbaikan," jelasnya.

Menindaklanjuti temuan tersebut, Bawaslu Kota Bekasi telah menggelar pleno bersama KPU Kota Bekasi untuk meninjau berita acara pleno penetapan DPT yang sebelumnya dilakukan.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id