Ilustrasi tanggul jebol--Medcom.id/Antonio.
Ilustrasi tanggul jebol--Medcom.id/Antonio. (Gana Buana)

Tanggul Perumahan Cahaya Kemang Permai Ditambal Semi-Permanen

banjir
Gana Buana • 01 April 2019 14:41
Jakarta: Tanggul jebol sepanjang 15 meter di Perumahan Cahaya Kemang Permai, Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, mulai ditambal. Penanganan darurat ini dilakukan untuk menghindari limpasan air ke permukiman warga, saat debit air Kali Cakung kembali naik.
 
Kepala Bidang Sumberdaya Air (SDA) Yudianto menyampaikan, pihaknya sudah melakukan penanganan darurat dengan menggunakan 'sandbag' atau brojong. Penanganan ini dilakukan sambil menunggu pembangunan tanggul permanen.
 
"Penanganan darurat sudah dilakukan oleh tim dari BBWSCC (Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane) setelah kita koordinasikan kemarin, 31 Maret 2019 saat kejadian berlangsung," ungkap Yudi saat dikonfirmasi Senin, 1 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Yudi, tanggul jebol diduga terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi, Minggu, 31 Maret 2019. Dinding tanggul yang jebol merupakan bagian peninggian turap yang diplester.
 
Baca: Jalur Kalimalang Terendam Banjir
 
Debit air yang meningkat membuat tambalan turap jebol sepanjang 15 meter dan tinggi sekitar 1,5 meter. "Pagi ini mereka sudah mulai menambal di lokasi kejadian, penambalan dilakukan hanya dengan sandbag," ucap dia.
 
Yudi mengatakan, penyusunan sandbag di lokasi kejadian merupakan upaya untuk membuat tanggul dengan menggunakan karung yang diisi dengan pasir. Meski bersifat sementara, namun metode penyusunan sandbag harus diperhatikan agar ketat, rapat dan kuat. Sehingga, mampu menahan peningkatan volume debit air.
 
Baca: Tanggul Kali Bekasi Longsor
 
Yudi menjelaskan, perbaikan secara permanen setidaknya baru bisa dimulai empat hari ke depan. Sebab pihaknya butuh persiapan.
 
"Kami butuh membersihkan lapangan area kerja, mobilisasi material, mobilisasi alat dan lain sebagainya," tandas dia.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif