Ilustrasi tempat sampah di Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis, 17 Januari 2019. Medcom.id/ Ahmad Rofahan.
Ilustrasi tempat sampah di Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis, 17 Januari 2019. Medcom.id/ Ahmad Rofahan. (Ahmad Rofahan)

Kota Cirebon Segera Membuat TPS Mobile

sampah tempat sampah pengelolaan sampah
Ahmad Rofahan • 17 Januari 2019 14:46
Cirebon: Kota Cirebon akan menjalankan beberapa program pengelolaan sampah pada tahun ini. Salah satunya adalah, akan menerapkan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) mobile.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Abdul Syukur mengatakan, pihaknya akan melakukan tiga program utama tentang pengelolaan sampah pada tahun ini. Tiga program tersebut yaitu TPS terpilah, TPS Mobile dan recycle Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kopi Luhur, Argasunya Kota Cirebon.
 
"Nanti kita akan buat Bank Sampah juga, untuk mengelola sampah anorganik. Saat ini juga kita lagi sosialisasi kepada masyarakat," kata Syukur di Cirebon, Jawa Barat, Kamis, 17 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Syukur menjelaskan, untuk TPS terpilah, rencananya akan dibangun di wilayah Krucuk Cirebon. Di TPS ini, nantinya akan dilakukan pemilahan sampah yang organik dan anorganik. Untuk sampah organik, akan dibuat menjadi kompos, sedangkan sampah anorganik akan kembali didaurulang melalu bank sampah.
 
Sedangkan untuk TPS mobile, pada tahun ini DLH Kota Cirebon berencana akan memanfaatkan tiga dump truck untuk secara mobile mengumpulkan sampah. Program ini juga sudah dilakukan simulasi, baik rute maupun teknisnya.
 
"Rutenya sudah kita tetapkan. Tahun ini kemungkinan tiga truk yang akan digunakan TPS mobile," ungkap Syukur.
 
Untuk sementara, TPS mobile ini akan lebih fokus ke wilayah Kesambi, yang lokasi TPSnya akan ditutup karena sudah tidak layak. Ia juga mengaku akan belajar tentang pengelolaan TPS mobile ini di Solo. Karena menurutnya, TPS mobile ini membuat pihaknya tidak lagi perlu membuat TPS permanen.
 
"Di Solo informasinya juga sudah menerapkan ini. Siang ini kami juga akan ke Solo, salah satunya mencoba belajar mengenai TPS mobile ini," pungkas Syukur.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi