Kalla: Indonesia Harus Mengembalikan Kejayaan Keilmuan

P Aditya Prakasa 17 November 2018 15:56 WIB
pendidikan
Kalla: Indonesia Harus Mengembalikan Kejayaan Keilmuan
Wapres Kalla memberi orasi ilmiah di Unisba/Medcom.id/P. Aditya Prakasa
Bandung: Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut Indonesia butuh mengembalikan kejayaan sebagai pelopor keilmuan Islam. Ia memandang kebangkitan ilmu Islam meredup apa abad ke-16-17 dan digantikan ilmu barat.

"Sampai sekarang ini (barat) menjadi pelopor dan ahli dalam keilmuannya. Pada dewasa ini kita membutuhkan upaya yang besar untuk meningkatkan ilmu. Tanpa menguasai ilmu maka masa depan tidak bisa kita kendalikan dan kuasai," tegas Kalla saat meberikan orasi ilmiah di Universitas Islam Bandung (Unisba), Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu, 17 November 2018.

Ia menegaskan Indonesia harus berkembang bila tak mau 'dibalap' negara lain. Terlebih revolusi industri 4.0 sudah di depan mata.


Perguruan tinggi Indonesia harus menjadi pelopor meski tak bisa langsung menyerap kemajuan tersebut. Ia mencontohkan alat pertanian yang belum canggih hingga belum meratanya produksi massal di bidang tertentu.

Eks Ketum Golkar itu juga mengingatkan semua pihak harus bisa memajukan Indonesia melalui bidang keilmuan masing-masing. Mereka yang berilmu harus bisa mempraktikkan pengetahuannya dalam kehidupan sehari-hari.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Yayasan Unisba, Rektor Unisba, dan sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jawa Barat menghadiri acara tersebut.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id