NEWSTICKER
Ilustrasi longsor di kawasan pertambangan/ Istimewa
Ilustrasi longsor di kawasan pertambangan/ Istimewa (Candra Yuri Nuralam)

5 Orang Meninggal Akibat Longsor di Tambang Emas Gunung Pongkor

tambang emas tambang ilegal
Candra Yuri Nuralam • 14 Mei 2019 07:16
Bogor: Hujan deras yang menimpa lokasi penambangan emas rakyat di Gunung Pongkor, Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor pada Minggu 12 Mei 2019 dini hari menyebabkan longsor. Lima orang dinyatakan meninggal akibat insiden tersebut.
 
"Lima orang meninggal dunia tanpa identitas telah ditemukan hingga siang tadi (Senin 13 Mei 2019). Tiga orang selamat atas nama Uus, 35 tahun, warga Desa Bantar Karet, Dede, 30 tahun, warga Desa Cisarua dan Dika, 24 tahun Desa Cisarua," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Senin 13 Mei 2019.
 
Sutopo belum bisa memastikan jumlah penambang yang tertimbun longsor di lokasi emas rakyat Gunung Pongkor. Namun, berdasarkan keterangan warga, jumlah penambang diperkirakan 20 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini evakuasi penambang masih dilakukan dengan bantuan tim SAR. Namun, tim SAR masih kesulitan untuk melakukan evakuasi lantaran struktur tanah yang masih belum stabil.
 
"Tim SAR mengalami kesulitan mengevakuasi korban karena lokasi longsor yang sangat curam dan ada di kaki gunung. Medan cukup berat dan hanya bisa dilakukan secara manual. Pencarian dihentikan saat ini dan dilanjutkan esok hari," ujar Sutopo.
 
Selain tim SAR, beberapa relawan juga membantu evakuasi korban longsor. Penanganan medis pun langsung didatangkan untuk menanggulangi korban selamat.
 
"Aparat bersama PMI, relawan dan warga (juga) berusaha mengevakuasi korban," tutur Sutopo.
 

(NUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif