Hujan Es, Hal Biasa di Musim Pancaroba

Octavianus Dwi Sutrisno 23 Oktober 2018 19:47 WIB
musim pancaroba
Hujan Es, Hal Biasa di Musim Pancaroba
Ilustrasi hujan, Medcom.id - M Rizal
Depok: Hujan es terjadi di beberapa lokasi di Depok, Jawa Barat, pada Selasa sore, 23 Oktober 2018. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), fenomena alam itu hal yang biasa di masa transisi musim atau pancaroba.

Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi BMKG Pusat Harry Tirto Djatmiko mengatakan hujan deras terjadi jelang musim kemarau berakhir. Hujan turun disertai dengan kilat dan petir.

"Hujan es bisa terjadi namun durasinya singkat," kata Harry melalui sambungan telepon dengan Medcom.id, Selasa, 23 Oktober 2018.


Fenomena hujan es terjadi karena udara terasa gerah pada malam hingga pagi hari. Radiasi matahari cukup kuat ditunjukkan pada perbedaan suhu udara disertai dengan kelembaban cukup tinggi.

Lalu awan cumulus tumbuh dengan bentuk berlapis-lapis. Di antara lapisan, terdapat satu jenis awan yang mempunyai batas tepi sangat jelas. Warnanya abu-abu dan bentuknya seperti bunga kol.

"Tahap berikutnya awan tersebut akan cepat berubah warna menjadi lebih gelap dikenal dengan awan Cumulonimbus. Hujan es merupakan aktivitas dari awan tersebut. Selanjutnya hujan akan turun seperti biasa," paparnya.

Tapi, masyarakat tak perlu khawatir. Sebab, ujar Harry, meski wajar, hujan es sangat jarang terjadi. Bilapun terjadi, masanya singkat.



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id