Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal. (Hendrik Simorangkir)

Lapas Pemuda Kota Tangerang Kelebihan Kapasitas

lembaga pemasyarakatan
Hendrik Simorangkir • 21 Maret 2019 16:58
Tangerang: Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pemuda Kota Tangerang, Jumadi mengatakan, narapidana di Lapas yang ia pimpin sudah kelebihan kapasitas. Hal itu bisa dilihat dari jumlah narapidana yang sudah dua kali lipat dari kapasitas seharusnya.
 
"Saat ini ada 2.700 penghuni Lapas Pemuda dari kapasitas ideal yang seharusnya menampung 1.200 tahanan saja," kata Jumadi saat dikonfirmasi, Kamis, 21 Maret 2019.
 
Dengan jumlah tersebut, solusi yang sudah dilakukannya adalah dengan memindahkan secara berangsur tahanan ke lapas terdekat yang masih bisa menampung penambahan tahanan. Para penghuni Lapas Pemuda yang dipindahkan merupakan tahanan yang sudah menerima Putusan dari pengadilan, walaupun biasanya ditemukan para narapidana tidak mau dipindah karena alasan jarak lapas tujuan yang jauh dari rumahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemarin kita pindahkan secara berangsur sebanyak 60 orang, ke Lapas Tangerang Kelas 1 dan Lapas Cilegon," jelas Jumadi.
 
Jumadi menjelaskan, selama satu bulan ini sudah dilakukan dua kali pemindahan tahanan ke lapas terdekat, masing-masih sebanyak 60 orang. ia menambahkan, jumlah tersebut adalah angka maksimal yang bisa diterima oleh Lapas yang dituju, karena menurut Jumadi kebanyakan Lapas di Tangerang memang mengalami masalah kapasitas berlebih.
 
Perluasan Lapas pun belum bisa menjadi opsi bagi pihaknya untuk menangani masalah ini, karena Lapas Pemuda sudah termasuk sebagai cagar budaya yang bentuk dan bangunanya memang dijaga dari perubahan.
 
Berlebihnya penghuni di Lapas Pemuda, Jumadi menuturkan masih termasuk layak untuk bisa dihuni, karena Lapas ini memang sudah memiliki luas bangunan yang sesuai untuk menampung banyak orang.
 
"Memang penuh tapi enggak berdempetan. Tapi memang di sini kan ada ruangan yang idelanya diisi lima orang, tujuh hingga delapan orang, tapi diisi oleh 13 orang," ucapnya.
 
Dalam pengawasan para penghuni Lapas, Jumadi mengaku jumlah 205 petugas yang dimiliki Lapas Pemuda memang secara standar operasional belum sesuai dengan jumlah ideal seharusnya, tapi selama ini dirinya tidak merasakan kesulitan yang berarti.
 
"Baru-baru ini kita memang mendapat bantuan penambahan personel petugas Lapas sebanyak 86 peserta, jari bisa lebih meringankan beban," katanya.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif