Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyadi.
Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyadi. ()

Penikam Andriana Menunjukkan Gejala Sadisme

pembunuhan kasus pembunuhan
10 Januari 2019 15:39
Jakarta: Pakar psikologi forensik Reza Indragiri menyebut pembunuhan siswi SMK Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat, Andriana Yubelia Noven, menunjukkan gejala sadisme. Kejiwaan pelaku saat melakukan pembunuhan pun kemudian dipertanyakan.

"Jelas langkah pertama yang harus dilakukan adalah menangkap orang ini kemudian dicek waras atau tidak. Kewarasan tidak melulu tentang kondisi kejiwaaan sehari-hari tapi juga saat pelaku melakukan tindakan tersebut," ujarnya dalam Metro Pagi Primetime, Kamis, 10 Januari 2019. 

Berdasarkan rekaman kamera pengawas Reza mengamati pelaku tampak baik-baik saja usah menghabisi Andrian. Karenanya fokus utama kepolisian adalah mencari dan menemukan pelaku untuk kemudian diperiksa secara kejiwaan sebagai langkah pertama. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

"Tersangka dicek terlebih dulu apakah dalam pengaruh narkoba atau obat terlarang yang mengganggu kesehatan dia sehingga menampilkan perbuatan seekstrem itu," kata dia.

Langkah berikutnya setelah pemeriksaan kejiwaan, kata Reza adalah menelusuri niat pelaku atas korban. Apakah pelaku sungguh ingin menghabisi nyawa korban atau menganiaya yang sayangnya menyebabkan hilangnya nyawa. 

Tak berhenti di situ Reza mengatakan tindakan berikutnya adalah mengungkap motif dari aksi yang dilakukan. Ada dua kemungkinan mengapa aksi tersebut dilakukan.

Pertama dilatarbelakangi motif instrumental untuk mendapatkan manfaat tertentu atau motif atas perasan negatif seperti kemarahan, sakit hati, atau cemburu. Namun jika dilihat dari rekaman kamera pengawas tidak ada barang korban yang hilang.

"Tiga hal ini; waras tidak waras, membunuh atau menganiaya, dan motifnya instrumental atau kemarahan harus ditelisik pertama kali setelah polisi berhasil mengamankan pelaku," ungkapnya.




(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi